Implementasi model pembelajaran think pair share (TPS) dan realistic mathematics education (RME) dalam upaya peningkatan hasil belajar peserta didik semester genap kelas VII A SMP Muhammadiyah 08 Semarang tahun pelajaran 2009-2010 pada materi pokok himpunan
Batul, Siti Zahroil (2010) Implementasi model pembelajaran think pair share (TPS) dan realistic mathematics education (RME) dalam upaya peningkatan hasil belajar peserta didik semester genap kelas VII A SMP Muhammadiyah 08 Semarang tahun pelajaran 2009-2010 pada materi pokok himpunan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63511041 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (756kB) | Preview
63511041 _ Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (42kB) | Preview
63511041 _ Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (137kB) | Preview
63511041 _ Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
63511041 _ Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (93kB) | Preview
63511041 _ Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
63511041 _ Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dan Realistic Mathematicss Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran materi pokok Himpunan peserta didik semester genap kelas VII A SMP Muhammadiyah 08 Semarang tahun pelajaran 2009-2010.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Muhammadiyah 08 Semarang Tahun Pelajaran 2009-2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah , wawancara, dokumentasi, observassi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah rata-rata kelas 65 dan prosentase ketuntasan belajar klasikal 75%.
Pada penelitian tindakan kelas ini diawali dengan tahap pra siklus. Pra siklus dilaksanakan untuk mencari informasi tentang permasalahan dan apa yang menjadi penyebabnya. Dari permasalahan yang ada diberi tindakan sebagai solusi dari permasalahan pada siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Pada Siklus 1 dilaksanakan dua pertemuan dan Siklus 2 dilaksanakan dengan dua pertemuan. Hasil belajar peserta sebelum diberikan tindakan pada tahun pembelajaran 2008-2009 rata-rata kelas yang dicapai peserta didik adalah 63 dengan ketuntasan belajar klasikal 37,93%. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik naik menjadi 63,98 dengan ketuntasan belajar klasikal 53,12 %. Kemudian pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu mencapai 77,14 dengan ketuntasan belajar klasikal 78,12%. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dan Realistic Mathematicss Education (RME).
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Realistic Mathematicss Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik semester genap kelas VII A SMP Muhammadiyah 08 Semarang tahun pelajaran 2009-2010 pada materi pokok himpunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Think Pair Share; Realistic Mathematics Education; Hasil belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 10 Feb 2015 02:35 |
Last Modified: | 21 Jun 2021 04:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3442 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year