Strategi rekrutmen calon jama’ah haji di kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Arofah Kaliwungu-Kendal tahun 2013-2014
Aulia, Dana Ila (2014) Strategi rekrutmen calon jama’ah haji di kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Arofah Kaliwungu-Kendal tahun 2013-2014. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
101311031_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (457kB) | Preview
101311031_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
101311031_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
101311031_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (298kB) | Preview
101311031_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (194kB) | Preview
101311031_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (166kB) | Preview
101311031_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui strategi rekrutmen calon jama’ah haji di KBIH Arofah Kaliwungu, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan rekrutmen calon jama’ah haji di KBIH Arofah Kaliwungu,(3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan rekrutmen calon jama’ah haji di KBIH Arofah Kaliwungu.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder.Sumber data primer adalah sumber data utama yang diperoleh dari wawancara langsung dengan ketua beserta pengurus KBIH Arofah.Sedangkan sumber data sekunder berupa arsip, dokumen, struktur organisasi serta program kerja. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara. Analisis datanya dengan menggunakan proses analisis deskriptif kualitatif dengan teknis berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan yang digunakan oleh KBIH Arofah telah menggunakan teori strategi rekrutmen/pemasaran dari Tull dan Kahle bahwa strategi rekrutmen/pemasaran merupakan alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan organisasi atau lembaga dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Ketika KBIH Arofah membina hubungan baik dengan jamaah haji yang telah mengikuti bimbingan, maka hal ini akan menimbulkan banyak keuntungan bagi KBIH. KBIH Arofah dalam merekrut calon jama’ah haji memiliki 4 indikator pemasaran meliputi: (1) Strategi Produk, strategi ini berupa berupa pembinaan dan bimbingan calon jama’ah di Tanah Air dan Tanah Suci, pemeliharaan kemabruran dengan pengajian “selapanan” pasca berhaji. (2) Strategi Harga. Harga kontribusi yang di tetapkan KBIH Arofah dengan KBIH yang lain yaitu sebesar Rp. 1.500.000,00 dengan fasilitas yang nyaman bagi calon jama’ah haji dibanding dengan KBIH yang lain dan KBIH Arofah mendirikan koperasi simpan pinjam yang bertujuan untuk membantu calon jama,ah haji yang mengalami kendala dalam pelunasan biaya haji.(3) Strategi Tempat/lokasi. KBIH Arofah cukup strategis yaitu di tengah kota kaliwungu sehingga aksesnya mudah dijangkau oleh calon jama’ah haji. (4) Strategi Promosi, yang dilakukan yaitu “jemput bola” maksudnya, strategi ini lebih dapat memikat calon jama’ah haji karena pengurus langsung terjun kemasyarakat, brosur, leaflet, pamflet, spanduk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Wafiyah ; Saerozi, S.Ag., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Calon jama’ah haji; Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Feb 2015 09:52 |
Last Modified: | 22 May 2021 06:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3548 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year