Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas sumber daya manusia terhadap minat anggota pada pembiayaan murabahah (studi kasus pada KJKS BMT Artha Bumi Asri Semarang)

Azizah, Khoirotul (2014) Pengaruh strategi pemasaran dan kualitas sumber daya manusia terhadap minat anggota pada pembiayaan murabahah (studi kasus pada KJKS BMT Artha Bumi Asri Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 102411073_Coverdll.pdf]
Preview
Text
102411073_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (771kB) | Preview
[thumbnail of 102411073_Bab1.pdf]
Preview
Text
102411073_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 102411073_Bab2.pdf]
Preview
Text
102411073_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of 102411073_Bab3.pdf]
Preview
Text
102411073_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 102411073_Bab4.pdf]
Preview
Text
102411073_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of 102411073_Bab5.pdf]
Preview
Text
102411073_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 102411073_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
102411073_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (100kB) | Preview

Abstract

Dalam lingkungan pasar yang bersaing, koperasi adalah salah satu organisasi yang ikut serta bersaing memperebutkan pelanggan, baik pelanggan internal (anggota) maupun pelanggan eksternal (non anggota). Keberlangsungan koperasi hanya akan terus dirasakan jika koperasi memiliki strategi pemasaran dan kualitas sumber daya manusia yang mampu mempertahankan minat anggota itu dengan berpartisipasi aktif pada koperasinya. Salah satu pengelolaan paling penting dalam dunia koperasi adalah pengelolaan terhadap sumber daya manusia. Hal ini disebabkan sumber daya manusia merupakan tulang punggung dalam menjalankan roda kegiatan operasional suatu koperasi. Untuk itu penyediaan sumber daya manusia (bankir) sebagai motor penggerak operasional koperasi haruslah disiapkan. Disamping itu, sumber daya manusia yang dimiliki oleh koperasi haruslah memiliki kemampuan dalam menjalankan setiap transaksi, mengingat faktor pelayanan yang diberikan oleh para pegawai ini sangat menentukan sukses atau tidaknya koperasi kedepan. Kemampuan yang dimiliki harus diasah secara terus menerus, baik melalui pengalaman kerja, maupun pelatihan dan pengembangan pegawai. Minat merupakan kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, gairah, keinginan. Minat adalah perhatian, kesukaan, kecenderungan hati. Rumusan Masalah : 1. Apakah strategi pemasaran berpengaruh terhadap minat anggota pada produk murabahah? 2. Apakah kualitas sumber daya manusia berpengaruh terhadap minat anggota pada produk murabahah? 3. Apakah strategi pemasaran dan kualitas sumber daya manusia berpengaruh terhadap minat anggota pada produk murabahah?
Metodologi yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisisen determinasi, uji t parsial dan uji F secara simultan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran dan kualitas sumber daya manusia , secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota . Sedangkan secara simultan strategi pemasaran dan kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran dan kualitas sumber daya manusia, secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota. Uji t dan uji F menghasilkan nilai signifikansi <0,05. Kemudian nilai R Square sebesar 0,778 mengindikasikan bahwa variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 77,8 %. Sedangkan sisanya sebesar 22,2 % dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Imam Yahya, M.Ag.; Dr. Ari Kristin P., SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Murabahah; KJKS; Strategi pemasaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 11 Mar 2015 06:04
Last Modified: 29 Jul 2021 03:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3622

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics