Efektifitas penggunaan media pembelajaran visual dalam meningkatkan hasil belajar Fisika materi gerak lurus (studi pada siswa kelas X MA YPPA Cipulus Wanayasa Purwakarta)
Habaib, Muhammad (2009) Efektifitas penggunaan media pembelajaran visual dalam meningkatkan hasil belajar Fisika materi gerak lurus (studi pada siswa kelas X MA YPPA Cipulus Wanayasa Purwakarta). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
3104102 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (106kB) | Preview
3104102 _ Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (29kB) | Preview
3104102 _ Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (139kB) | Preview
3104102 _ Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (68kB) | Preview
3104102 _ Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (109kB) | Preview
3104102 _ Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
3104102 _ Bibliography.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini penulis memiliki rumusan masalah; 1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran visual pada pembelajaran fisika materi gerak lurus pada siswa kelas X MA YPPA Cipulus Wanayasa Purwakarta? 2) Sejauhmana efektifitas penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar mata pelajaran fisika materi gerak lurus pada siswa kelas X MA YPPA Cipulus Wanayasa Purwakarta?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Penggunaan media pembelajaran visual pada pembelajaran fisika materi gerak lurus pada siswa kelas X MA YPPA Cipulus Wanayasa Purwakarta. 2) Sejauhmana efektifitas penggunaan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar mata pelajaran fisika materi gerak lurus pada siswa kelas X MA YPPA Cipulus Wanayasa Purwakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan teknik analisis t-test. Subyek penelitian sebanyak 40 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen test dan dokumentasi untuk mencari informasi lain mengenai responden.
Dari hasil tes yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen pre test adalah 61,43 dan post test adalah 89,30 sedangkan kelompok kontrol pre test adalah 62,48 dan post test adalah 85,38. Analisis uji t saat pre-test diperoleh thitung 0,452 dengan ttabel¬ 1,99 yang membuktikan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata pre-test dari kedua kelas. Untuk uji normalitas post-test kelas kontrol didapatkan hasil X2 hitung (7,3986) < X2 tabel (7,81) dan kelas eksperimen X2 hitung (5,7384) < X2 tabel¬ (7,81). Hasil tersebut juga membuktikan bahwa hipotesis kedua kelas berdistribusi normal. Didapatkan X2hitung (0,17776854) < X2tabel (3,84) dari uji homogenitas berarti menunjukan keduanya mempunyai varians yang sama.
Dari analisis data akhir dengan uji t didapat thitung 1,781 dan ttabel¬ 1,66 dengan taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini berarti ada perbedaan nyata antara hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran menggunakan media pembelajaran visual dengan hasil belajar siswa yang tidak diberi media visual. Perbedaan ini dapat dikatakan sebagai efektifitas penggunaan media pembelajaran visual karena pada awal penelitian kedua kelompok sama/homogen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, S.Pd., M. Kom.; Dr. H. Hamdani, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran visual; Hasil belajar; Fisika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 30 Mar 2015 05:35 |
Last Modified: | 18 Dec 2021 02:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3808 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year