Pengaruh persepsi anak tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang

Rifa'ah, Mufikhatun (2009) Pengaruh persepsi anak tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3104124 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
3104124 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 3104124 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3104124 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 3104124 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3104124 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 3104124 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3104124 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 3104124 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3104124 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 3104124 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3104124 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 3104124 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3104124 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Tingkat persepsi anak tentang perhatian orang tua sebagai peserta didik kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. (2) Prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang, (3) Pengaruh persepsi anak tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode survai dengan teknik analisis product moment. Subyek penelitian sebanyak 40 peserta didik / responden yang diambil dari 25% dari populasi 160 peserta didik, menggunakan teknik sampling kuota. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk data X (perhatian orang tua), dan dokumentasi untuk mendapatkan data Y. Instrumen angket sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reabilitas.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat persepsi anak tentang perhatian orang tua sebagai peserta didik kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang dapat dikatakan sering. Ini terlihat dari mean atau rata-rata kelas sebesar 59,675 terdapat pada interval ke-2 (46-60). (2) Prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang termasuk dalam katagori dapat dikatakan baik sekali. Ini terlihat dari mean atau rata-rata kelas yang tinggi yaitu sebesar 80,675, terdapat pada interval ke-2 (81- 90). (3) Terdapat pengaruh persepsi anak tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Yang mana kadar hubungan variabel tersebut ditunjukkan pemaparan dibawah ini.
Diketahui rxy 0,465, rt 5% diperoleh: 0,312 dan 1% diperleh: 0,403
Perbandingan antara rxy dengan rt, yaitu sebagai berikut:
rxy : rt 5% 0,465 : 0,312 (Signifikan)
1% 0,465 : 0,403 (Signifikan)
Hal ini menunjukan pengaruh persepsi anak tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang adalah signifikan. Berarti jika persepsi anak tentang perhatian orang tua meningkat maka prestasi belajar aqidah akhlak peserta didik kelas VIII SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang juga meningkat.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para peserta didik, guru serta kepala sekolah di SMP Sultan Agung 1 Semarang, serta civitas akademika dan semua pihak lebih meningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. Widodo Supriyono, M. A.; Dra. Muntholi’ah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Persepsi Anak; Perhatian Orang Tua; Prestasi Belajar; Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 01 Apr 2015 07:58
Last Modified: 01 Apr 2015 07:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3828

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics