Pengembangan kamus visual multi bahasa (Arab-Inggris-Indonesia-Jawa) untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berbasis kearifan lokal
Mawanti, Dwi (2014) Pengembangan kamus visual multi bahasa (Arab-Inggris-Indonesia-Jawa) untuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berbasis kearifan lokal. Research report (Laporan penelitian). LP2M IAIN Walisongo, Semarang.
Dwi_Mawanti-Cover.jpg - Cover Image
Download (2MB) | Preview
Dwi_Mawanti-Penelitian_2014.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Anak dalam masa usia dini memiliki potensi cukup besar untuk belajar bahasa. Untuk menambah penguatan kemampuan dalam bahasa diperlukan alat penunjang lain berupa kamus visual. Pengembangan mengenai kamus visual multi bahasa ini harus berbasis kearifan lokal artinya memiliki cakupan khusus yang ditemui pembelajar bahasa setiap harinya seperti wilayah peralatan dapur, karena sebagai langkah konservatif dalam melestarikan kosakata-kosakata di dalamnya.
Kamus multi bahasa telah berhasil dikembangkan dengan kategori sangat layak berdasarkan penilaian pakar media mencapai 77,08 % dan pakar materi 83,30%. Kamus multi bahasa hasil pengembangan efektif diterapkan di TK BIAS Cabang Ngalian dan Daarul Quran Cabang Semarang dengan meningkatkan pemahaman siswa tentang barang-barang. Tanggapan positif wali siswa terhadap penggunaan kamus multi bahasa hasil pengembangan mencapai 80 %.
Item Type: | Monograph (Research report (Laporan penelitian)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kamus visual; Kamus multi bahasa; Pendidikan Anank Usia Dini (PAUD) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 400 Language > 410 Linguistics > 413 Dictionaries |
Divisions: | Laporan Penelitian (Research Reports) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 06:35 |
Last Modified: | 06 Apr 2015 06:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3867 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year