Penerapan metode pembelajaran eksperimen dengan kartu variabel untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem persamaan linier satu variabel pada peserta didik semester I kelas VII C MTs NU Nurul Huda Semarang tahun pelajaran 2009-2010
Setiawan, Untung (2009) Penerapan metode pembelajaran eksperimen dengan kartu variabel untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem persamaan linier satu variabel pada peserta didik semester I kelas VII C MTs NU Nurul Huda Semarang tahun pelajaran 2009-2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3104221 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (86kB) | Preview
3104221 _ Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
3104221 _ Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (146kB) | Preview
3104221 _ Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (105kB) | Preview
3104221 _ Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (81kB) | Preview
3104221 _ Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
3104221 _ Bibliography.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada Semester I Kelas VII C MTs. NU Nurul Huda Semarang dan bertujuan untuk: (1) menemukan penerapan metode pembelajaran eksperimen dengan kartu variabel pada materi sistem persamaan linier satu variabel (SPLSV) di Kelas VII C MTs. NU Nurul Huda Semarang; dan (2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik kelas VII C MTs. NU Nurul Huda Semarang pada materi sistem persamaan linier satu variabel (SPLSV) setelah dilakukan pembelajaran dengan metode pembelajaran eksperimen dengan kartu variabel.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Dalam menjawab masalah yang diajukan, yaitu peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada bahasan sistem persamaan liner satu variabel, peneliti melihat dari hasil evaluasi yang dilakukan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini adalah setelah diadakan tindakan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran eksperimen dengan kartu variabel, pada siklus I menunjukkan peningkatan yang cukup berarti. Setelah dilakukan evaluasi siklus I, nilai rata-rata peserta didik pada materi sistem pesamaan linier satu variabel (SPLSV) mencapai 6,96, dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 72,97 %. Hasil ini dipandang meningkat pesat dibandingkan dengan hasil tes ulangan harian materi yang sama pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai rata-rata 5,14 (dari 5 kelas yang ada) dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 25,25 % (dari 194 peserta didik hanya ada 49 yang lulus KKM). Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil evaluasi peserta didik meningkat lagi dengan rata-rata nilai yang diperoleh mencapai 7,72, dengan ketuntasan belajar sebesar 86,49%, atau peserta didik yang lulus KKM mencapai 32 peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode eksperimen dengan kartu variabel dapat meningkatkan pemahaman konsep sistem persamaan linier satu variabel peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan akan menjadikan bahan informasi dan masukan bagi seluruh civitas akademika, khususnya para mahasiswa dan terlebih untuk pada pelaku pendidikan agar dapat digunakan metode pembelajaran eksperimen dalam proses pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Eksperimen; Kartu Variabel; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 08 Apr 2015 05:57 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 03:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3878 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year