Efektivitas penggunaan fotonovela materi pokok virus sebagai media diskusi kelompok terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 8 Semarang

Zuhdi, Dian Maulana (2014) Efektivitas penggunaan fotonovela materi pokok virus sebagai media diskusi kelompok terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 8 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083811033_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083811033_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 083811033_Bab1.pdf]
Preview
Text
083811033_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 083811033_Bab2.pdf]
Preview
Text
083811033_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 083811033_Bab3.pdf]
Preview
Text
083811033_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 083811033_Bab4.pdf]
Preview
Text
083811033_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 083811033_Bab5.pdf]
Preview
Text
083811033_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 083811033_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083811033_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan fotonovela materi pokok virus sebagai media diskusi kelompok terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan metodologi penelitian kuantitatif komparatif. Eksperimen dilaksanakan di SMAN 8 Semarang dengan populasi 204 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diteliti adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 peserta didik, kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 31 peserta didik, dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas uji coba sebanyak 33 peserta didik. Kelas eksperimen adalah kelas yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran Biologi menggunakan Fotonovela sebagai media diskusi kelompok. Kelas kontrol adalah kelas yang tidak mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran Biologi menggunakan Fotonovela sebagai media diskusi kelompok, tetapi menggunakan metode ceramah. Kelas uji coba adalah kelas yang diberi instrumen soal yang akan di uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu: 1) metode dokumentasi untuk memperoleh data peserta didik yang dijadikan sampel penelitian, dan; 2) metode tes berupa pilihan ganda untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Pre-Test diberikan kepada kedua kelas untuk mengetahui normalitas dan homogenitas sampel sebelum diberi perlakuan. Post-Test diberikan kepada kedua kelas setelah mendapatkan perlakuan. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan fotonovela sebagai media diskusi kelompok, sedangkan kelas kontrol tidak mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan fotonovela sebagai media diskusi kelompok. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif yang meliputi analisis uji instrumen soal, analisis hasil belajar, analisis uji hipotesis, dan analisi lanjut.
Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ialah uji t-test dengan taraf signifikansi α = 5% sehingga diperoleh ttabel (0,05:61) = 2,000. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,399. Hasil belajar peserta didik dengan menggunakan fotonovela sebagai media diskusi kelompok lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan fotonovela. Rata-rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen dengan menggunakan fotonovela sebagai media diskusi kelompok mencapai rata-rata 86,94 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 73. Terdapat 30 peserta didik yang mencapai KKM dan 2 lainnya tidak mencapai KKM. Kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan fotonovela sebagai media diskusi kelompok memperoleh rata-rata 80,64 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Terdapat 24 peserta didik yang mencapai KKM dan 7 lainnya tidak mencapai KKM. Hasil uji t diperoleh thitung>ttabel (0,05:61)= 3,399 2,000 yang berarti hipotesis yang diajukan diterima yakni penggunaan fotonovela sebagai media diskusi kelompok terbukti efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 8 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fotonovela; Media pembelajaran; Hasil belajar; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Apr 2015 09:31
Last Modified: 22 May 2021 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics