Efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) terhadap hasil belajar biologi materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Tahun ajaran 2013/2014
Fatihin, Moh. Khoirul (2014) Efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TS-TS) terhadap hasil belajar biologi materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
103811033_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (727kB) | Preview
103811033_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (157kB) | Preview
103811033_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (600kB) | Preview
103811033_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (272kB) | Preview
103811033_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103811033_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (855kB) | Preview
103811033_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (110kB) | Preview
103811033_Lampiran.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar Biologi materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan posttest-only control design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 131 siswa terbagi dalam empat kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Dua kelompok sampel yaitu kelas VII D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, metode observasi, dan metode tes. Dari metode dokumentasi didapat jumlah populasi siswa kelas VII, nama-nama peserta didik dan nilai UTS semester genap tahun ajaran 2013/2014. Teknik tes diberikan untuk mendapatkan data akhir hasil belajar siswa yang dijadikan bahan pengukuran dalam penelitian.
Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas eksperimen 1 = 79,85 dan rata-rata kelas kontrol 2 = 72,88, dengan n1 = 33 dan n2 = 33 diperoleh thitung = 3,81. Dengan α = 5% dan dk = 64 diperoleh ttabel = 1,671. Berdasarkan data tersebut, diketahui bahwa t berada pada daerah penolakan Ho atau thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan dengan rata-rata hasil belajar kognitif kelas kontrol, maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) efektif terhadap hasil belajar Biologi materi klasifikasi makhluk hidup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 08:47 |
Last Modified: | 21 May 2021 08:57 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3912 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year