Strategi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra sekolah di SMP NU 07 Brangsong Kendal
Nuryanto, Novi (2014) Strategi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra sekolah di SMP NU 07 Brangsong Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
093311030_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (577kB) | Preview
093311030_bab1.pdf - Accepted Version
Download (150kB) | Preview
093311030_bab2.pdf - Accepted Version
Download (309kB) | Preview
093311030_bab3.pdf - Accepted Version
Download (159kB) | Preview
093311030_bab4.pdf - Accepted Version
Download (268kB) | Preview
093311030_bab5.pdf - Accepted Version
Download (95kB) | Preview
093311030_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (60kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang strategi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya citra bagi dunia pendidikan saat ini dan humas sebagai media komunikasi dalam menghubungkan sekolah dengan masyarakat harus tau bagaimana caranya melaksanakan strategi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa Nilai-nilai yang dicitrakan sekolah terhadap masyarakat di SMP NU 07 Brangsong? (2) Bagaimana strategi humas dalam meningkatkan citra di SMP NU 07 Brangsong? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP NU 07 Brangsong Kendal. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi non partisipan, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan kualitatif model interaktif dan analisis deskriptif menggunakan logika induksi.
Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Nilai-nilai yang dicitrakan sekolah kepada masyarakat di SMP NU 07 Brangsong adalah yang Pertama, nilai pencitraan dari lembaga pendidikan SMP NU 07 Brangsong yaitu peserta didik yang disiplin dan berakhlakul karimah. Kedua, Citra SMP NU 07 Brangsong yaitu pendidik dan tenaga kependidikan yang berkarakter kuat dan bertanggung jawab dalam bekerja. Ketiga, melalui sarana dan prasarananya yang bagus dan nyaman untuk tempat belajar. Keempat, biaya untuk mengenyam pendidikan di SMP NU 07 Brangsong sangat terjangkau yang hanya berupa infaq. Kelima, Pencitraan SMP NU sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas juga ditunjukkan melalui lulusan yang masih mencintai sekolah. Keenam, pendidikan yang sesuai dengan visi, misinya, dan sesuai dengan faham aswaja. Ketujuh, nilai yang ingin dicitrakan kepada masyarakat adalah pengelolaan sekolah yang bersifat kekeluargaan dan terbuka. (2) Strategi humas dalam meningkatkan citra di SMP NU 07 Brangsong adalah yang pertama, strategi kegiatan eksternal yang meliputi kegiatan social yaitu membantu dalam kegiatan masyarakat, selanjutnya menyediakan fasilitas untuk umum sepanjang tidak mengganggu aktivitas sekolah. Sosialisasi ke SD-MI untuk promosi dan mengenalkan SMP NU. SMP NU mengusahakan bantuan dana dari pemerintah, dan mengikut sertakan tokoh-tokoh masyarakat dalam kegiatan pendidikan. Kedua, kegiatan internal sekolah meliputi bidang akademik yaitu berusaha meningkatkan prestasi peserta didik. Dalam kegiatan sarana prasarana pendidikan, sekolah berupaya merenovasi dan memperbaiki gedung dan fasilitas lainnya yang menunjang pendidikan. Selanjutnya dalam kegiatan karya wisata keluar daerah agar dikenal masyarakat. Dibidang olah raga dan kesenian melakukan pertandingan persahabatan dengan sekolah lain. Ketiga, strategi yang di pakai adalah menggunakan media humas, SMP NU menggunakan beberapa media yang masih tradisional. Media yang digunakan yaitu papan nama yang dipasang di tempat strategis. menyebar Brosur atau pamphlet kepada masyarakat di sekitar. menggunakan poster atau MMT setiap awal pendaftaran sekolah. Membagikan kalender sekolah yang memuat pesan-pesan melalui gambar tentang pencitraan di SMP NU 07 Brangsong.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Musthofa, M. Ag.; Dr. Fahrurrozi, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Hubungan masyarakat; Citra sekolah; Strategi promosi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 26 Apr 2015 02:04 |
Last Modified: | 26 Apr 2015 02:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3973 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year