Manajemen kinerja dalam meningkatkan profesionalitas guru di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus
Abidin, Faisal (2014) Manajemen kinerja dalam meningkatkan profesionalitas guru di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO SEMARANG.
103311008_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (483kB) | Preview
103311008_bab1.pdf - Accepted Version
Download (175kB) | Preview
103311008_bab2.pdf - Accepted Version
Download (419kB) | Preview
103311008_bab3.pdf - Accepted Version
Download (203kB) | Preview
103311008_bab4.pdf - Accepted Version
Download (228kB) | Preview
103311008_bab5.pdf - Accepted Version
Download (97kB) | Preview
103311008_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (148kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang manajemen kinerja dalam meningkatkan profesionalitas guru di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Kajiannya dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya dunia pendidikan sehingga perlunya adanya peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran. Agar dalam peningkatan profesionalitas guru prosesnya terstruktur, maka digunakan fungssi manajemen kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan kinerja guru dalam meningkatkan profesionalitas guru di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. (2) Pelaksanaan peningkatan kinerja guru di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. (3) Evaluasi kinerja dalam meningkatkan profesionalitas guru di MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Sedangkan metode yang digunakan untuk pengumpulan data ialah metode observasi (pengamatan), interview (wawancara) dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan secara induktif.
Kajian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan profesionalitas guru dilakukan melalui penerapan manajemen kinerja yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 1. Proses perencanaan peningkatan profesionalitas guru yang dilakukan Kepala MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus meliputi: a). Perencanaan berdasarkan visi, misi dan tujuan serta kebutuhan guru, b). melibatkan semua stakeholder dalam semua tahap perencanaan. Aspek utama yang dipertimbangkan sebagai bahan perencanaan ialah kebutuhan stakeholder. 2. Dalam pelaksanaannya, kepala madrasah melakukan berbagai program yaitu: a). Pembinaan dan Pengembangan Guru. b). Pembinaan disiplin. c). Pemberian motivasi. d). Pengawasan. 3. Evaluasi, evaluasi dilakukan dengan evaluasi langsung dan evaluasi tidak langsung. Dalam melakukan evaluasi supervisi secara langsung, kepala madrasah MA Nahdlatul Muslimin mengunjungi kelas, melakukan pertemuan formal dan informal. Sedangkan evaluasi supervisi tidak langsung, kepala madrasah mengevaluasi melalui dokumen seperti RPP, silabus, prota dan promes, kuesioner dan raport siswa.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi terutama bagi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru. Sehingga dapat dijadikan bahan informasi dan masukan untuk mengembangkan program dan kualitas dalam meningkatkan profesionalitas guru MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalitas Guru; Manajemen kinerja |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2015 08:55 |
Last Modified: | 21 May 2021 07:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3978 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year