Studi komparasi keberhasilan membaca Al-Qur’an antara santri berbasis S.D. dan santri berbasis M.I. di TPQ Mujahidin Pegulon Kendal
Najichah, Amilatun (2014) Studi komparasi keberhasilan membaca Al-Qur’an antara santri berbasis S.D. dan santri berbasis M.I. di TPQ Mujahidin Pegulon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103111010_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (322kB) | Preview
103111010_bab1.pdf - Accepted Version
Download (281kB) | Preview
103111010_bab2.pdf - Accepted Version
Download (364kB) | Preview
103111010_bab3.pdf - Accepted Version
Download (959kB) | Preview
103111010_bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103111010_bab5.pdf - Accepted Version
Download (852kB) | Preview
103111010_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (174kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas Studi Komparasi Keberhasilan Membaca al-Qur’an Santri Berbasis S.D. dan Santri Berbasis M.I. di TPQ Mujahidin Pegulon Kendal. Kajian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan tingkat keberhasilan membaca al-Qur’an. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: Adakah perbedaan keberhasilan membaca al-Qur’an antara santri berbasis S.D. dan santri berbasis M.I. di TPQ Mujahidin Pegulon Kendal? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di TPQ Mujahidin Pegulon Kendal.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Teknik pengambilan sampelnya: menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Santri berbasis S.D. berjumlah 23 santri, sedangkan santri berbasis M.I. berjumlah 10 santri. Karena santri berbasis S.D. ada 23 santri untuk sampel diambil 10 secara random agar proporsional dengan santri berbasis M.I. yang berjumlah 10 santri. Pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui keberhasilan membaca Al-Qur’an santri berbasis S.D. dan santri berbasis M.I. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis “t-tes”. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis t-test dapat diketahui bahwa t0 = 2,478 dengan d.k. = n1 + n2 – 2 (10 + 10 - 2) hasilnya sebesar 18 yang dikonsultasikan dengan tabel nilai “t”, pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,101, karena to > ttabel pada taraf signifikansi 5% maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara keberhasilan membaca al-Qur’an santri berbasis S.D. dan keberhasilan membaca al-Qur’an santri berbasis M.I. di TPQ Mujahidin Pegulon Kendal. Saran yang diberikan hendaknya para santri dapat lebih mengkaji dan mendalami ilmu-ilmu tajwid yang diperoleh serta belajar dengan sebaik-baiknya, penuh ketekunan dan kesungguhan serta untuk setiap guru sebaiknya memperhatikan faktor-faktor yang mendukung peningkatan taraf keberhasilan membaca al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Ahmad Sudja'i, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode membaca al-Qur'an; Taman Pendidikan Al-Qur'an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 29 Apr 2015 09:58 |
Last Modified: | 29 Apr 2015 09:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4008 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year