Studi tentang pembinaan akhlak mulia siswa di SMA Nasima Semarang

Hanik, Umi (2014) Studi tentang pembinaan akhlak mulia siswa di SMA Nasima Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103111104_coverdll.pdf]
Preview
Text
103111104_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of 103111104_bab1.pdf]
Preview
Text
103111104_bab1.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 103111104_bab2.pdf]
Preview
Text
103111104_bab2.pdf - Accepted Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of 103111104_bab3.pdf]
Preview
Text
103111104_bab3.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 103111104_bab4.pdf]
Preview
Text
103111104_bab4.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 103111104_bab5.pdf]
Preview
Text
103111104_bab5.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 103111104_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103111104_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan oleh SMA Nasima Semarang dalam membina akhlak peserta didiknya. Upaya tersebut meliputi perencanaan, pelaksananaan, hasil serta evaluasi yang dicapai dari pembinaan akhlak mulia siswa di SMA Nasima Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pertimbangan menggunakan metode ini adalah untuk mengungkapkan realitas dan aktualitas mengenai pembinaan akhlak mulia siswa di SMA Nasima Semarang. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian, diperoleh gambaran tentang perencanaan akhlak mulia yang ditetapkan berdasarkan visi dan misi dari lembaga serta sekumpulan program pembinaan yang terdiri dari program rutinan dan program insindental. Setelah itu barulah di bentuk team khusus afeksi agar pembinaan tersebut dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Pelaksanaan pembinaan akhlak mulia di SMA Nasima dilaksanakan menggunakan tiga metode yaitu pembiasaan, keteladanan dan pemberian reward and punishment yang terimplementasikan ke dalam program rutinitas dan insindental. Orang tua peserta didikpun bekerjasama dengan pihak sekolah dalam pembinaan akhlak anaknya.
Evaluasi pembinaan dilaksanakan sebulan sekali yang berbentuk laporan dari pihak terkait tentang pembinaan yang telah dilakukan. Kepala Sekolah sebagai controlling terhadap pembinaan yang telah dilakukan.
Sedangkan hasil dari pembinaan akhlak mulia adalah terbentuknya akhlak mulia dalam diri peserta didik. Hal ini dapat terlihat dari perilaku keseharian peserta didik di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Fatah Syukur, M. Ag.; Jasuri, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak Mulia; Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 May 2015 09:17
Last Modified: 06 May 2015 09:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4035

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics