Pengaruh penggunaan metode peer lessons terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi pokok luas, keliling persegi dan persegi panjang kelas III di MI Subah Batang
Novita, Lia (2014) Pengaruh penggunaan metode peer lessons terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi pokok luas, keliling persegi dan persegi panjang kelas III di MI Subah Batang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103911025_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (539kB) | Preview
103911025_bab1.pdf - Accepted Version
Download (256kB) | Preview
103911025_bab2.pdf - Accepted Version
Download (215kB) | Preview
103911025_bab3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103911025_bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103911025_bab5.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
103911025_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode peer lessons terhadap hasil belajar matematika materi pokok luas dan keliling persegi dan persegi panjang kelas III MI Subah Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini yaitu True Experimental Design (Eksperimental betul-betul) jenis “Posttest-Only Control Design” pengujian hipotesis hanya menggunakan nilai post tes. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas III A merupakan kelas eksperimen dan kelas III B merupakan kelas kontrol. Kelas III A terdiri dari 16 peserta didik dan kelas III B terdiri dari 16 peserta didik. Dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi.
Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik kelas eksperimen, kelas kontrol, kelas uji coba yaitu kelas IV dan nilai hasil ulangan pada materi sebelumnya. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai post¬-test hasil pembelajaran yang diterapkan metode peer lessons dan juga untuk kelas yang menggunakan model konvensional (ceramah). Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda pada kelas uji coba.
Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, lebih dahulu tes tersebut di uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas. Pada pengujian hipotesis peneliti menggunakan Uji t. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh thitung= 1,977 ,sedangkan ttabel= 1,697. Karena thitung>ttabel maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan metode Peer Lessons lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 68,38 dan kelompok kontrol = 58,81 juga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menggunakan metode Peer Lessons berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika kelas III materi pokok luas dan keliling persegi dan persegi panjang .
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Peer Lessons lebih baik dari pada model konvensional (ceramah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Yulia Romadiastri, S. Si., M. Sc. |
Uncontrolled Keywords: | Matematika; Metode pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 May 2015 08:01 |
Last Modified: | 25 May 2015 08:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4059 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year