Pengaruh metode pembelajaran storyboard telling dan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi pada Bahasa Indonesia kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang

Sofiyana, Siti (2014) Pengaruh metode pembelajaran storyboard telling dan media gambar seri terhadap keterampilan menulis narasi pada Bahasa Indonesia kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103911049_coverdll.pdf]
Preview
Text
103911049_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (617kB) | Preview
[thumbnail of 103911049_bab1.pdf]
Preview
Text
103911049_bab1.pdf - Accepted Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 103911049_bab2.pdf]
Preview
Text
103911049_bab2.pdf - Accepted Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 103911049_bab3.pdf]
Preview
Text
103911049_bab3.pdf - Accepted Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 103911049_bab4.pdf]
Preview
Text
103911049_bab4.pdf - Accepted Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 103911049_bab5.pdf]
Preview
Text
103911049_bab5.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 103911049_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103911049_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini kajiannya dilatar belakangi oleh kurangnya referensi penggunaan metode dan media pembelajaran di kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah untuk keterampilan menulis karangan narasi. Melihat kondisi tersebut perlu diupayakan penggunaan metode dan media pembelajaran tertentu guna memperbaiki kualitas belajar yang lebih baik. metode pembelajaran yang digunakan adalah storyboard telling dan media gambar seri.
Rumusan masalahnya adalah: (1) Apakah metode storyboard telling dan media gambar seri berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi pada bahasa Indonesia kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang? Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain Posstest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, yaitu semua siswa kelas IV. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik uji- t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berbentuk uraian.
Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil posttest menulis narasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada siswa kelas eksperimen tidak terdapat siswa yang mendapat kategori nilai sangat kurang dan kategori nilai kurang. Ada 2 siswa yang mendapat nilai kategori cukup, 14 siswa yang mendapat nilai kategori baik, dan 8 siswa yang mendapan nilai kategori sangat baik. Pada kelas kontrol terdapat 1 siswa yang mendapat nilai kategori kurang, 10 siswa yang mendapat kategori cukup, 12 siswa yang mendapatkan nilai kategori baik dan 1 orang siswa mendapat nilai kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dari hasil analisis data, hasil perhitungan uji t terbukti bahwa hasil perhitungan pada a = 5% dengan dk = 24 + 24 – 2 = 46 diperoleh thitung =3,7054 dan ttabel = t(0,95) (46) = 1,684. Karena thitung>ttabel, maka signifikan dan hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hal tersebut terlihat dari nilai keterampilan menulis narasi peserta didik yang diberikan pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran storyboard telling dan media gambar seri lebih baik yaitu 81,90 dari nilai rata-rata keterampilan menulis narasi peserta didik yang diberikan pengajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 74,21. Dengan demikian, maka metode pembelajaran storyboard telling dan media gambar seri berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Zulaikhah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Keterampilan menulis; Metode pembelajaran; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
400 Language > 490 Other languages > 499 Miscellaneous languages > 499.221 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 May 2015 08:05
Last Modified: 25 May 2015 08:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics