Peran madrasah diniyah Nurul Anam dalam pengembangan pendidikan Islam di Desa Kranji Kecamatan Kedungwuni Pekalongan
Ciyarti, Ciyarti (2010) Peran madrasah diniyah Nurul Anam dalam pengembangan pendidikan Islam di Desa Kranji Kecamatan Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105001 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (391kB) | Preview
3105001 _ Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (69kB) | Preview
3105001 _ Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (188kB) | Preview
3105001 _ Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (74kB) | Preview
3105001 _ Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (29kB) | Preview
3105001 _ Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
3105001 _ Bibliography.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pengembangan pendidikan Islam di desa Kranji?, 2) Bagaimana Peran Madrasah Diniyah Nurul Anam dalam pengembangan Pendidikan Islam di Desa Kranji Kecamatan Kedungwuni Pekalongan?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengembangan pendidikan Islam di desa Kranji; 2) Peran Madrasah Diniyah Nurul Anam dalam pengembangan Pendidikan Islam di Desa Kranji Kecamatan Kedungwuni Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan teknis analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan tujuan tertentu pertimbangan bahwa informan dipandang mengetahui tentang situasi sosial Madrasah Diniyah Nurul Anam. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 57 informan. Diambil dari 3 orang tokoh agama, 3 orang tokoh masyarakat, 3 orang pengurus Yayasan Madrasah Diniyah, 1 orang pengurus Madrasah Diniyah, 25 orang pengajar madrasah Diniyah baik Awaliyah, Wustha maupun ‘Ulya, dan 22 masyarakat Kranji yang sekaligus merupakan orang tua santri. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan deduktif dan induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan pendidikan Islam di Kranji ditempuh melalui beberapa cara, meliputi: pengajian, majelis ta’lim, pesantren, Madrasah Diniyah dan organisasi masyarakat/organisasi pemuda. 2) Madrasah Diniyah Nurul Anam merupakan media yang paling mengena dan berpengaruh di masyarakat desa Kranji dalam proses pengembangan pendidikan Islam melalui anak-anak mereka. Peran Madrasah Diniyah tersebut yaitu: a) Sebagai lembaga pentransfer pengetahuan agama, b) Sebagai media pelestarian ajaran Islam, c) Media pembentukan dan pembinaan akhlaqul kharimah, d) Sebagai media pengenalan dan penanaman ajaran Islam secara dini, e) sebagai salah satu pilar pendidikan Islam, f) Untuk melengkapi pendidikan agama Islam di sekolah umum.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, terutama lingkungan dunia pendidikan Islam khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing: Ismail SM., M. Ag.; Fatah Syukur NC., M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Madrasah Diniyah; Pengembangan Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 04 May 2015 08:00 |
Last Modified: | 04 May 2015 08:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4069 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year