Pengaruh aktivitas pembelajaran mapel Akidah Akhlak terhadap akhlak siswa kelas V di MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2014/2015
Kurniawati, Ria (2014) Pengaruh aktivitas pembelajaran mapel Akidah Akhlak terhadap akhlak siswa kelas V di MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103911083_covedll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103911083_bab1.pdf - Accepted Version
Download (101kB) | Preview
103911083_bab2.pdf - Accepted Version
Download (431kB) | Preview
103911083_bab3.pdf - Accepted Version
Download (370kB) | Preview
103911083_bab4.pdf - Accepted Version
Download (486kB) | Preview
103911083_bab5.pdf - Accepted Version
Download (942kB) | Preview
103911083_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menyelidiki pengaruh aktivitas pembelajaran mapel akidah akhlak terhadap akhlak siswa di MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh antara aktivitas pembelajaran mapel akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas V MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2014/2015. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni jenis penelitian yang pengukurannya dengan menggunakan dua variabel yang dijabarkan menjadi beberapa indikator dengan menggunakan angka-angka dalam proses mengumpulkan data dan menampilkan hasilnya yang disusun secara sistematis, terencana dan struktur dengan jelas dari awal hingga akhir penelitian. Metode pengambilan datanya dengan menggunakan angket. Dan populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas V MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah sebanyak 37 siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yaitu teknik yang mengacu pada bagaimana menata, menyajikan dan mengolah data dengan menentukan nilai rata-rata hitung kemudian menggambarkan nilai dengan membuat grafik.. Dan pengujian hipotesisnya dengan menggunakan analisis regresi
Analisis data menunjukkan adanya pengaruh aktivitas pembelajaran mapel akidah akhlak terhadap akhlak siswa di MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2014/2015. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : 1)Tingkat Aktivitas Pembelajaran Mapel Akidah Akhlak Siswa Kelas V di MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak, dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis yang menunjukkan bahwa Hasil Belajar Siswa berada dalam kategori baik yaitu pada interval “70 – 82” dengan rata-rata hasil belajar 76. Karena rata-rata nilai tersebut terletak pada interval “70 – 82” maka, aktivitas pembelajaran mapel akidah akhlak tergolong kategori baik. 2) Tingkat Akhlak Siswa kelas V MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis yang menunjukkan bahwa pada interval “73 – 83” dengan rata-rata hasil belajar 78. Karena rata-rata nilai tersebut terletak pada interval “73 – 83” maka, akhlak siswa di MI Ibrohimiyyah tergolong kategori baik. 3) Berdasarkan analisis kuantitatif dari hasil penelitian ini bahwa Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Mapel Akidah Akhlak Terhadap Akhlak Siswa Kelas V di MI Ibrohimiyyah Mranggen Demak Tahun Ajaran 2014/2015, pada taraf signifikan. Hal ini dapat terbukti dengan hasil perhitungan (df) = 35. Dengan diperoleh df maka dapat diketahui nilai r_(tabel )pada taraf signifikansi 5% = 0,325 dan pada taraf signifikansi 1% = 0,418. Dengan demikian diketahui bahwa nilai r_xy = 0,538 lebih besar dari nilai r_(tabel ) pada taraf signifikansi 5%, dan pada taraf 1% nilai r_xy juga lebih besar dari nilai r_(tabel ) sehingga hipotesis alternatif (H_a) diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara aktivitas pembelajaran mapel akidah akhlak terhadap akhlak siswa. Dan pada tahap uji Linier regresi dapat disimpulkan dengan α = 0,05 dan dk pembilang 24 sedangkan dk penyebut 11 didapat harga F0,95(24,11) = 2,59. Untuk uji kelinieran, didapat F = 1,20 dan ini lebih kecil dari 2,59 sehingga F_(reg ) > F_tabel maka dapat dinyatakan model persamaan regresi linier sederhana adalah linier. Pada tahap uji Signifikansi dapat disimpulkan bahwa Dengan α = 0,05 dan dk pembilang 1 sedangkan dk penyebut 35 didapat harga F0,95(1,35) = 4,11. Untuk uji signifikansi, didapat F = 14,22 dan ini lebih besar dari F_tabel sehingga F_tabel > F_reg maka signifikan hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Abdul Rohman, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Akidah Akhlak; Aktivitas pembelajaran; Akhlak siswa |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 May 2015 02:54 |
Last Modified: | 30 May 2015 02:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4087 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year