Studi eksperimen metode jigsaw dan student facilitator and explaining terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi koperasi kelas IV MI Darun Najah Ngemplak Kidul

Khoiriyah, Imro’atul (2014) Studi eksperimen metode jigsaw dan student facilitator and explaining terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi koperasi kelas IV MI Darun Najah Ngemplak Kidul. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103911091_coverdll.pdf]
Preview
Text
103911091_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103911091_bab1.pdf]
Preview
Text
103911091_bab1.pdf - Accepted Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 103911091_bab2.pdf]
Preview
Text
103911091_bab2.pdf - Accepted Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 103911091_bab3.pdf]
Preview
Text
103911091_bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103911091_bab4.pdf]
Preview
Text
103911091_bab4.pdf - Accepted Version

Download (974kB) | Preview
[thumbnail of 103911091_bab5.pdf]
Preview
Text
103911091_bab5.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 103911091_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103911091_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (98kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pelaksanaan pendidikan IPS di MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati yang pembelajarannya menggunakan metode Jigsaw dan Student Facilitator And Explaining. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yaitu adakah pengaruh metode Jigsaw dan metode Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi koperasi kelas IV MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh metode Jigsaw dan Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi koperasi kelas IV di MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati. 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara metode Jigsaw dengan Student Facilitator And Explaining mata pelajaran IPS materi koperasi di MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati.
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati. Datanya diperoleh dengan cara tes yang melibatkan subjek yang berjumlah 74 siswa yang tersebar di tiga kelas, yaitu 34 siswa kelas V sebagai kelas uji coba, 20 siswa kelas IV A sebagai kelompok kelas yang pembelajarannya menggunakan metode Student Facilitator And Explaining, dan 21 siswa kelas IV B sebagai kelompok siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan metode Jigsaw.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan teknik statistik. Berdasarkan perhitungan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebelum menggunakan metode Jigsaw memperoleh rata-rata hasil belajar = 50,79 sedangkan pada kelas eksperimen II sebelum menggunakan metode Student Facilitator And Explaining memperoleh rata-rata hasil belajar = 49 setelah dilakukan Treatment hasil belajar pada kelas eksperimen I yang menggunakan metode Jigsaw memperoleh rata-rata hasil belajar = 81,59 sedangkan pada kelas eksperimen II yang menggunakan metode Student Facilitator And Explaining memperoleh rata-rata hasil belajar = 73,00.
Berdasarkan pada uji rata-rata dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,901 dan ttabel = 1,684 karena thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima atau signifikan. Dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen I (Jigsaw) dan kelas eksperimen II (Student Facilitator And Explaining) pada mata pelajaran IPS materi koperasi kelas IV di MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati.
Karena rata-rata nilai post test lebih tinggi daripada nilai pre test, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada pembelajaran yang menggunakan metode Jigsaw dan Student Facilitator And Explaining terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi koperasi kelas IV di MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: pembimbing: Tuti Qurrotul Aini, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; IPS; Metode jigsaw
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 03:11
Last Modified: 30 May 2015 03:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4091

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics