Upaya peningkatan pemahaman belajar siswa melalui metode jigsaw pada pembelajaran PPKN materi arti Sumpah Pemuda kelas III semester I di MI Raudlatul Wildan Wedung Demak aahun pelajaran 2014/2015
Mudlofar, Mudlofar (2014) Upaya peningkatan pemahaman belajar siswa melalui metode jigsaw pada pembelajaran PPKN materi arti Sumpah Pemuda kelas III semester I di MI Raudlatul Wildan Wedung Demak aahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133911135_coverrdll.pdf - Accepted Version
Download (413kB) | Preview
133911135_bab1.pdf - Accepted Version
Download (144kB) | Preview
133911135_bab2.pdf - Accepted Version
Download (375kB) | Preview
133911135_bab3.pdf - Accepted Version
Download (158kB) | Preview
133911135_bab4.pdf - Accepted Version
Download (359kB) | Preview
133911135_bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
133911135_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (173kB) | Preview
Abstract
Rumusan dalam penelitian ini adalah: Adakah peningkatan pemahaman belajar siswa melalui metode Jigsaw pada pembelajaran PPKn materi Arti Sumpah Pemuda Kelas III semester I di MI Raudlatul Wildan Wedung Demak Tahun Pelajaran 2014/2015?
Berdasarkan permasalahan diatas maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman belajar siswa melalui metode Jigsaw pada pembelajaran PPKn materi arti sumpah pemuda kelas III semester I di MI Raudlatul Wildan Wedung Demak tahun pelajaran 2014/2015
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan (observasi), tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terjadi peningkatan pemahaman belajar siswa melalui metode Jigsaw pada pembelajaran PPKn materi Arti Sumpah Pemuda Kelas III semester I di MI Raudlatul Wildan Wedung Demak Tahun Pelajaran 2014/2015, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus ada 11 siswa (44%) siklus I ada 17 siswa (68%) dan mengalami kenaikan pada siklus II yaitu ada 23 siswa (92%), kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa yaitu siklus I ada 14 siswa atau (56%) dan pada siklus II ada 24 siswa (96%), hasil tersebut sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu lebih dari 85%
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dra. Muntholi’ah, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; PPKN; Pendidikan kewarganegaraan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 May 2015 04:41 |
Last Modified: | 30 May 2015 04:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4094 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year