Studi Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah di MAN 2 Pekalongan
Ahmadun, Ahmadun (2010) Studi Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah di MAN 2 Pekalongan. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Ahmadun_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (156kB) | Preview
Ahmadun_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (56kB) | Preview
Ahmadun_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (241kB) | Preview
Ahmadun_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Ahmadun_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Download (56kB)
Ahmadun_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (8kB) | Preview
Ahmadun_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (28kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang bagaimana kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik, selain itu juga mengungkap permasalahan apa saja yang dihadapi kepala madrasah dalam melaksanakan implementasi supervisi akademik serta cara penyelesaian masalahnya dan bagaimana implementasi tindaklanjut supervisi akademik kepala madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN 2 Pekalongan.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang tekumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif dan dipadukan dengan data pustaka. Untuk mengetahui keabsahan data, peneliti mengguakan teknik trianggulasi yakni dengan memeriksa data yang memanfaatkan suatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding data tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Upaya kepala madrasah dalam melaksanakan implementasi supervisi akademik yaitu program persiapan: (a) menyusun rencana kerja supervisi akademik dengan melibatkan peran serta stakehoher (b) mempersiapkan instrumen supervisi akademik, (c) melakukan sosialisasi rencana program kepada seluruh guru, (2) Melaksanakan supervisi Akademik dengan secara langsung kepada beberapa guru kemudian mendelegasikan tanggungjawab supervisor kepaka seluruh Wakil kepala madrasah dan beberapa guru senior yang telah dilakukan supervisi tersebut (3) melaksanakan tindaklanjut supervisi akademik kepala madrasah dengan memberi penghargaan kepada guru yang sudah profesional berupa tangunggjawab sebagai supervisor dan memberi pembinaan, pelatihan dan mengikuti kursus-kursus maupun MGMP kepada guru yang belum profesional.
Hasil penelitian ini di harapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kepala madrasah, guru dan madrasah, dan Kementerian Agama dalam meningkatkan profesionalisme kepala madrasah, guru dan pelayanan pendidikan kepada masyarakat, dan bagi para peneliti untuk mencermati dinamika perubahan madrasah ditengah-tengah tuntuan pelayanan pendidikan di Kota Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik; Kepala Sekolah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 03 Dec 2013 08:22 |
Last Modified: | 03 Dec 2013 08:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/410 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year