Peningkatan keterampilan menulis prosa deskripsi melalui tutor sebaya pada siswa kelas V MI Matholiul Falah Angin-Angin Buko Wedung Demak semester gasal tahun pelajaran 2014/2015

Sugiyartono, Sugiyartono (2014) Peningkatan keterampilan menulis prosa deskripsi melalui tutor sebaya pada siswa kelas V MI Matholiul Falah Angin-Angin Buko Wedung Demak semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 139111152_coverdll.pdf]
Preview
Text
139111152_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 139111152_bab1.pdf]
Preview
Text
139111152_bab1.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 139111152_bab2.pdf]
Preview
Text
139111152_bab2.pdf - Accepted Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 139111152_bab3.pdf]
Preview
Text
139111152_bab3.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 139111152_bab4.pdf]
Preview
Text
139111152_bab4.pdf - Accepted Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 139111152_bab5.pdf]
Preview
Text
139111152_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 139111152_bibliografi.pdf]
Preview
Text
139111152_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (42kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi kemampuan menulis prosa deskripsi menjadi sesuatu yang sangat sulit bagi siswa, terutama di kelas V MI Matholiul Falah Angin-Angin Buko Wedung Demak, berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti ternyata peserta didik banyak yang kurang semangat seperti banyak yang bicara sendiri, ngantuk dan kurang antusias dalam bertanya. Hal tersebut terjadi karena kurang minatnya peserta didik pada pelajaran, dikarenakan guru yang mengajarkan kurang variatif, salah satu menerapkan tutor sebaya.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana pelaksanaan tutor sebaya pada pembelajaran menulis prosa deskripsi di kelas V MI Matholiul Falah Angin-Angin Buko Wedung Demak? 2) Apakah ada peningkatan keterampilan menulis prosa deskripsi siswa kelas V MI Matholiul Falah Angin-Angin Buko Wedung Demak setelah menggunakan tutor sebaya?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan tutor sebaya pada pembelajaran menulis prosa deskripsi di kelas V MI Matholiul Falah Angin-Angin Buko Wedung Demak. Tahap pertama yaitu perencanaan yang dilakukan dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, merancang pembentukan kelompok, menggunakan media, menyiapkan lembar observasi (terlampir). Tahap kedua yaitu tindakan ini yang dimulai dari menjelaskan materi, tanya jawab, menjelaskan tutor sebaya yang dilakukan, mengajak siswa di lingkungan sekolah dan warga sekitar lingkungan sekolah, kemudian dikerjakan dalam kerja tutor dan terakhir menyuruh siswa menulis prosa deskripsi dari pengamatan yang telah dilakukan. Tahap ke tiga yaitu observasi dimana kolaborator mengamati aktivitas guru dan siswa ketika melaksanakan pembelajaran. Tahap ke empat yaitu refleksi dimana guru menilai hasil kerja yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran dan merancang solusi untuk pedoman pembelajaran siklus berikutnya. 2) Ada peningkatan keterampilan menulis prosa deskripsi siswa kelas V MI Matholiul Falah Angin-Angin Buko Wedung Demak setelah menggunakan tutor sebaya di lihat dari peningkatan kemampuan prosa deskkripis siswa per siklus dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan 13 siswa atau 47% naik menjadi 19 siswa atau 67% pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi 25 siswa atau 90%. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa dimana pada siklus I ada 15 siswa atau 53% dan pada siklus II mengalami kenaikan yaitu sebanyak 24 siswa atau 86%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Nafi Annury, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis prosa; Strategi pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 30 May 2015 04:53
Last Modified: 30 May 2015 04:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics