Peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS materi kerja sama di rumah dan sekolah menggunakan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) di kelas III MIN Wonoketingal Karanganyar Demak tahun pelajaran 2014/2015

Haniah, Haniah (2014) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS materi kerja sama di rumah dan sekolah menggunakan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) di kelas III MIN Wonoketingal Karanganyar Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 133911163_coverdll.pdf]
Preview
Text
133911163_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 133911163_bab1.pdf]
Preview
Text
133911163_bab1.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 133911163_bab2.pdf]
Preview
Text
133911163_bab2.pdf - Accepted Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 133911163_bab3.pdf]
Preview
Text
133911163_bab3.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 133911163_bab4.pdf]
Preview
Text
133911163_bab4.pdf - Accepted Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 133911163_bab5.pdf]
Preview
Text
133911163_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 133911163_bibliografi.pdf]
Preview
Text
133911163_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilksanakan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS Materi kerja sama dirumah dan sekolah. Berdasarkan hasil beberapa ulangan harian nilai siswa masih kurang, rata-rata nilai siswa masih banyak yang dibawah KKM yang telah di tentukan. Dari latar belakang tersebut guru melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS. Pada proses pembelajaran IPS di kelas III MIN Wonoketingal Karanganyar Demak, peniliti menggunakan metode ceramah, resitasi, dan tanya jawab dengan menggunakan model coopeatif learning tipe STAD (Student Team Achievement Divisions).
Penelitian ini di maksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah penerapan model cooperati learning tipe STAD pada pembelajaran IPS materi kerja sama di rumah dan sekolah di kelas IIIMIN Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun pelajaran 2014/2015? 2) Adakah peningkatan hasil belajar IPS materi kerja sama di rumah dan sekolah dengan model cooperatif learning tipe STAD di kelas III MIN Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun pelajaran 2014/2015?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus, dalam setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model cooperatif learning tipe STAD pada pembelajaran IPS materi kerja sama di rumah dan sekolah di kelas III MIN Wonoketingal Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2014/2015 dilakukan dengan guru menerangkan materi, tanya jawab, selanjutnya guru membentuk kelompok untuk mendiskusikan materi dan mempresentasikan ke depan. 2) Terjadi peningkatan hasil belajar IPS materi kerja sama di rumah dansekolah dengan model cooperatif learning tipe STAD di kelas III MIN Wonoketingal Karanganyar Demak tahun pelajaran 2014/2015 dimana hasil belajar siswa dengan KKM 70 dengan jumlah siswa 28, yang tuntas pada pra siklus ada 12 siswa atau 43% dan naik pada siklus I menjadi 19 siswa atau 68 % kemudian naik lagi pada siklus II menjadi 26 siswa atau 93%. Demikian juga dengan peningkatan keaktifan siswa mengalami kenaikan per siklus dimana pada katagori aktif dan sangat aktif di siklus I ada 15 siswa atau 54% dan naik mnjadi 26 siswa atau 93% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Cooperative learning; Student Team Achievement Divisions; Pelajaran IPS untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jun 2015 09:17
Last Modified: 19 Feb 2022 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4113

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics