Upaya peningkatan hasil belajar PKN melalui metode drill pada kompetensi dasar mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia kelas 5 MI NU 25 Curugsewu Patean Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Yusroni, Yusroni (2014) Upaya peningkatan hasil belajar PKN melalui metode drill pada kompetensi dasar mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia kelas 5 MI NU 25 Curugsewu Patean Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133911185_coverdll.pdf]
Preview
Text
133911185_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 133911185_bab1.pdf]
Preview
Text
133911185_bab1.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 133911185_bab2.pdf]
Preview
Text
133911185_bab2.pdf - Accepted Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 133911185_bab3.pdf]
Preview
Text
133911185_bab3.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 133911185_bab4.pdf]
Preview
Text
133911185_bab4.pdf - Accepted Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 133911185_bab5.pdf]
Preview
Text
133911185_bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of Yusroni DFTR ISI PTK.pdf]
Preview
Text
Yusroni DFTR ISI PTK.pdf - Bibliography

Download (558kB) | Preview

Abstract

Dilihat dari proses kegiatan belajar dapat diketahui bahwa mata pelajaran PKn siswa kelas V MI NU 25 masih terdapat beberapa masalah yang kiranya perlu dipecahkan oleh guru sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Permasalah tersebut antara lain : guru masih menggunakan metode ceramah, masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah Upaya Meningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Penerapan Metode Drill Pada Kompetensi Dasar Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia Kelas 5 MI NU 25 Curugsewu Patean Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kualitatif yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka Data dikumpulkan dengan: a. Mengambil hasil observasi terhadap pelaksanaan keaktifan siswa dalam pembelajaran pada kompetensi dasar medeskripsikan negara kesatuan republik Indonesia b. Mengambil hasil tes yang diberikan siswa untuk mengetahui pemahaman pada kompetensi dasar medeskripsikan negara kesatuan republik Indonesia c. Mengambil hasil tes yang diberikan siswa untuk mengetahui pemahaman siswa dalam memecahkan masalah pada kompetensi dasar medeskripsikan negara kesatuan republik Indonesia
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan metode drill pada kompetensi dasar mendiskripsikan negara kesatuan republik Indonesia, belum memenuhi standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu nilai 70, namun setelah diterapkan metode drill, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Terjadinya peningkatan karena tindakan kelas yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran pada kompetensi dasar mendiskripsikan negara kesatuan republik Indonesiadengan menggunakan metode drill. Terlihat bahwa pada siklus kedua telah mengalami peningkatan yaitu telah mencapai tingkat sempurna, pada siklus I yaitu mencapai 66,7% atau sebanyak 16 peserta didik yang tuntas belajar dan meningkat pada siklus II menjadi 91,7% atau 22 peserta didik yang tuntas belajarnya. Ini artinya metode drill yang digunakan dalam pembelajaran PKn efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drilll dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia mata pelajaran PKn kelas 5 MI NU 25 Curugsewu Patean Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Fatkuroji, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Pendidikan kewarganegaraan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jun 2015 08:31
Last Modified: 08 Jun 2015 08:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4128

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics