Peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas III MI Ma’hadul ulum Demak pada materi lingkungan melalui model Problem Based Learning (PBL)

Khamid, Abdul (2014) Peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas III MI Ma’hadul ulum Demak pada materi lingkungan melalui model Problem Based Learning (PBL). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133911187_coverdll.pdf]
Preview
Text
133911187_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (729kB) | Preview
[thumbnail of 133911187_bab1.pdf]
Preview
Text
133911187_bab1.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 133911187_bab2.pdf]
Preview
Text
133911187_bab2.pdf - Accepted Version

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of 133911187_bab4.pdf]
Preview
Text
133911187_bab4.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 133911187_bab3.pdf]
Preview
Text
133911187_bab3.pdf - Accepted Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 133911187_bab5.pdf]
Preview
Text
133911187_bab5.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 133911187_bibliografi.pdf]
Preview
Text
133911187_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (38kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Instrument yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas peserta didik, hasil wawancara, lembar soal akhir siklus, dan dokumentasi, dengan harapan peserta didik bisa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu untuk Aktivitas belajar KKM nya adalah 65, dan hasil belajar KKM nya adalah 65.

Berdasarkan analisis dan pengamatan hasil dari penelitian tersebut diperoleh informasi bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, terlihat pada siklis I rata-rata persentase aktivitas belajar sebesar 58,48.dan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 63,57 Sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik sebesar 81,68 dan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 82,85. Pada siklus I masih ada peserta didik yang mendapat nilai dibawah KKM yaitu 50, namun pada siklus II nilai terendahnya adalah 70 dan sudah tidak ada lagi peserta didik yang mendapat nilai dibawah KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin besar rata-rata aktivitas belajar peserta didik, semakin besar pula rata-rata nilai tes hasil belajar peserta didik, dan sebaliknya.

Kata kunci dalam penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti di MI Ma’hadul Ulum Mutih Wetan Wedung Demak kelas III materi lingkungan adalah: Model Pembelajara Problem Based Learning (PBL), Proses Aktivitas Pembelajaran, hasil Belajar, dan Mata Pelajaran IPA Materi Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Ratih Rizqi Nirwana, S. Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; aktivitas belajar; Hasil belajar; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jun 2015 08:55
Last Modified: 17 Jun 2015 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4133

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics