Pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar Biologi materi pokok plantae di MA NU Nurul Huda Semarang

Naskuriyah, Naskuriyah (2009) Pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar Biologi materi pokok plantae di MA NU Nurul Huda Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105103 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105103 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 3105103 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105103 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 3105103 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105103 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (822kB) | Preview
[thumbnail of 3105103 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105103 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 3105103 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105103 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 3105103 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105103 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 3105103 _ Bibliography.pdf]
Preview
Text
3105103 _ Bibliography.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1). Apakah dengan penggunaan peta konsep hasil belajar peserta didik pada materi pokok Plantae dapat mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah?, 2). Apakakah ada pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar biologi materi pokok Plantae?. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui dengan menggunakan peta konsep hasil belajar biologi materi pokok Plantae peserta didik dapat mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah, 2. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar biologi materi pokok Plantae di MA NU Nurul Huda Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA NU Nurul Huda Semarang. Pengambilan sampel digunakan metode cluster random sampling, diperoleh kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain penelitian peneliti membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data mengenai kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas uji coba. Tes diberikan setelah peserta didik kelas eksperimen diberi perlakuan (pembelajaran dengan peta konsep) dan tes tersebut juga diberikan kepada kelas kontrol. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingat kesukaran, dan daya beda pada kelas uji coba.
Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh t = 5,040 dan t = t = 1,66 dengan taraf signifikan  = 5%, dk = -2 = 39+42-2 = 79, peluang = 1- = 1-0,05= 0,95. Sehingga dapat diketahui bahwa t = 5,040 t = 1,66. Ha di terima apabila t > t . Dari uji hipotesis di atas menunjukkan bahwa t > ttabe. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa H diterima, artinya kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep dalam pembelajaran biologi materi pokok Plantae dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di MA NU Nurul Huda Semarang Tahun Ajaran 2008/2009.
Disarankan bagi guru agar dapat mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran dengan menggunakan peta konsep pada materi pokok Plantae pada khususnya dan materi biologi atau mata pelajaran yang lain pada umumnya. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini, sehingga kesimpulan yang diperoleh dapat digunakan untuk menggeneralisasikan ke populasi yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peta Konsep; Hasil Belajar; Pendidikan Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 06 Jun 2015 07:17
Last Modified: 24 May 2021 06:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4140

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics