Pengembangan multimedia pembelajaran dengan Adobe Director 11 pada materi Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) pokok bahasan gerak melingkar beraturan
Diaz, Funny Annisa Evellyn (2014) Pengembangan multimedia pembelajaran dengan Adobe Director 11 pada materi Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) pokok bahasan gerak melingkar beraturan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
093611011_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (545kB) | Preview
093611011_bab1.pdf - Accepted Version
Download (212kB) | Preview
093611011_bab2.pdf - Accepted Version
Download (632kB) | Preview
093611011_bab3.pdf - Accepted Version
Download (299kB) | Preview
093611011_bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093611011_bab5.pdf - Accepted Version
Download (132kB) | Preview
093611011_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (180kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai pengembangan media pembelajaran berupa CD pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk pembelajaran berupa CD pembelajaran serta mengetahui efektivitas penggunaan media yang telah dikembangkan pada pembelajaran fisika dengan CD pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan produk pembelajaran menurut Soenarto yang melibatkan 6 tahap. Keenam tahap tersebut adalah concept, desain, collecting material, assembly, uji eksperimen, distribution. Tahap concept meliputi identifikasi masalah, merumuskan tujuan, dan analisis kebutuhan belajar. Tahap desain, collecting material, assembly merupakan membuat rancangan CD pembelajaran. Tahap uji eksperimen meliputi 2 uji yaitu (1) uji aspek konten dan pembelajaran materi bidang studi untuk memberikan penilaian dan saran terhadap CD pembelajaran ini; (2) uji efektifitas yang dilakukan pada kelas kecil berjumlah 9 peserta didik. Tahap distribution merupakan tahap penyebarluasan produk sampai pada kelas besar, yaitu pada uji kelayakan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa CD pembelajaran ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran fisika materi gerak melingkar beraturan yang ditunjukkan dengan tercapainya indikator keefektifan yaitu: (1) Pada aspek kognitif tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi untuk kelas kecil yaitu 84,44 yang berada pada kriteria efektif sedangkan untuk kelas besar yaitu 79,62 yang berada pada kriteria efektif. (2) Pada aspek afektif, rata-rata observasi ranah afektif pada kelas kecil sebesar 82,96% dengan kriteria baik, sedangkan rata-rata observasi ranah afektif pada kelas besar sebesar 78,97% dengan kriteria baik. (3) Pada aspek psikomotorik, rata-rata observasi ranah psikomotorik pada kelas kecil sebesar 78,89% dengan kriteria baik, sedangkan rata-rata observasi ranah psikomotorik pada kelas besar sebesar 76,92% dengan kriteria baik. (4) Angket uji kelayakan media pada kelas kecil mendapatkan kriteria sangat tinggi dengan tingkat pencapaian 4,33, sedangkan pada kelas besar mendapatkan kriteria tinggi dengan tingkat pencapaian 4,07
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, S. Pd., M. Kom.; Joko Budi Poernomo, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Fisika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 04:34 |
Last Modified: | 23 Jun 2015 04:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4166 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year