Penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri dengan pendekatan saintifik pada materi pokok listrik statis dan dinamis terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI SMK N 3 Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Adha, Winahto (2014) Penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri dengan pendekatan saintifik pada materi pokok listrik statis dan dinamis terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI SMK N 3 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103611027_coverdll.pdf]
Preview
Text
103611027_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (825kB) | Preview
[thumbnail of 103611027_bab1.pdf]
Preview
Text
103611027_bab1.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 103611027_bab2.pdf]
Preview
Text
103611027_bab2.pdf

Download (717kB) | Preview
[thumbnail of 103611027_bab3.pdf]
Preview
Text
103611027_bab3.pdf - Accepted Version

Download (472kB) | Preview
[thumbnail of 103611027_bab3.pdf]
Preview
Text
103611027_bab3.pdf - Accepted Version

Download (472kB) | Preview
[thumbnail of 103611027_bab4.pdf]
Preview
Text
103611027_bab4.pdf - Accepted Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 103611027_bab5.pdf]
Preview
Text
103611027_bab5.pdf - Bibliography

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipenerapan pembelajaran fisika dengan model inkuiri serta pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI pada materi pokok Listrik Statis dan Dinamis di SMK N 3 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupkan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Posttest only control designyang dilaksanakan di SMK N 3 Semarang. Sampel penelitian ini adalah kelas XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan XI TKR 1 sebagai kelas kontrol.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode dokumentasi, observasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t awal dari data hasil ulangan harian materi elastisitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model inkuiri dengan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan data hasil post-test pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,31 dan rata-rata kelas kontrol adalah 69,79, artinya nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Setelah dilakukan uji perbedaan dua rata-rata antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 9,205 dan diperoleh ttabel untuk = 5%, dk = 20 + 20 - 2 = 38 = 1,9990. Karena thitung > ttabelmaka dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan dilihat dari nilai rata-rata aspek psikomotorik kelas eksperimen adalah 83,33 sedangkan kelas kontrol 66,82 serta nilai rata-rata aspek afektif kelas eksperimen adalah 81,57 sedangkan kelas kontrol 67,2. Jadi pembelajaran fisika dengan model inkuiri serta pendekatan santifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XI pada materi pokok Listrik Statis dan Dinamis di SMK N 3 Semarang tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: DR. H. Shodiq, M. Ag.; Mahzum, S. Pd., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Jun 2015 07:51
Last Modified: 24 Jun 2015 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4171

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics