Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar Kimia peserta didik kelas XI materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan di MAN Purwodadi

Nadhiroh, Ulfatin (2014) Penerapan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar Kimia peserta didik kelas XI materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan di MAN Purwodadi. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 103711035_coverdll.pdf]
Preview
Text
103711035_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 103711035_bab1.pdf]
Preview
Text
103711035_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 103711035_bab2.pdf]
Preview
Text
103711035_bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 103711035_bab3.pdf]
Preview
Text
103711035_bab3.pdf - Accepted Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 103711035_bab4.pdf]
Preview
Text
103711035_bab4.pdf - Accepted Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 103711035_bab5.pdf]
Preview
Text
103711035_bab5.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 103711035_bibliografi.pdf]
Preview
Text
103711035_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (182kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran kimia termasuk ke dalam rumpun IPA yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Kimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan serta energi yang menyertai perubahan suatu materi. Proses pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk berinkuiri dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Salah satu yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA adalah pembelajaran inkuiri. Pembelajaran inkuiri menekankan pada proses berfikir kritis, analitis, logis, sistematis untuk mencari tahu dan menemukan jawaban sendiri atas masalah yang dipertanyakan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan di MAN Purwodadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan di MAN Purwodadi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun pengumpulan datanya dengan cara observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisisnya menggunakan deskriptif analitis. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas XI IPA 5 semester genap tahun ajaran 2013-2014. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil pelaksanaan siklus I menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata 72,8 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 63,9%. Pelaksanaan pembelajaran siklus I belum dapat dikatakan berhasil karena indikator keberhasilan belum tercapai. Pembelajaran dilanjutkan pada siklus II. Pelaksanaan siklus II menunjukkan nilai rata-rata peserta didik 82,2 dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 88,9%. Peningkatan yang terjadi pada siklus I dan siklus II yaitu sebesar 25%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI IPA 5 materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, peneliti, dan semua pihak terutama di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. A. Hasmi Hashona, M.H.; Hj. Malikhatul Hidayah, S.T., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Kimia; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 26 Jun 2015 06:34
Last Modified: 26 Jun 2015 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4188

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics