Analisis kemampuan siswa menyelesaikan soal berdasarkan taksonomi Solo pada materi lingkaran kelas VIII A MTS Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun ajaran 2013/2014
Fitriyah, Azid (2014) Analisis kemampuan siswa menyelesaikan soal berdasarkan taksonomi Solo pada materi lingkaran kelas VIII A MTS Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun ajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
103511006_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
103511006_bab1.pdf - Accepted Version
Download (622kB) | Preview
103511006_bab2.pdf - Accepted Version
Download (423kB) | Preview
103511006_bab3.pdf - Accepted Version
Download (292kB) | Preview
103511006_bab4.pdf - Accepted Version
Download (244kB) | Preview
103511006_bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
103511006_bibliografi.pdf - Other
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini, selain mencoba memberikan alternatif lain untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar peserta didik, juga untuk mengetahui kemampuan dan kualitas respons peserta didik dalam menyelesaikan soal. Yakni melalui taksonomi SOLO. Taksonomi ini terdiri dari lima tingkat yang berjenjang dari tingkat rendah ke tingkat yang lebih tinggi yaitu tingkat (0) prastructural, (1) unistructural, (2) multistructural, (3) relational, dan (4) extended abstract.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus, yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif dan mendalam terhadap suatu objek tertentu. Dalam hal ini dilakukan untuk mengetahui secara mendalam tentang kemampuan menyelesaikan soal peserta didik kelas VIII A MTs Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak. Data di kumpukan dengan dokumentasi, tes dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Setelah data hasil penelitian dianalisis, diketahui bahwa sebagian besar peserta didik mencapai tingkat (3) relational. Artinya, peserta didik sudah mampu memahami informasi, menggunakan strategi, dan menyelesaikan soal dengan tepat. Hal tersebut terjadi karena 13 dari 21 perserta didik sudah memahami dengan baik materi keliling dan luas lingkaran. Sebagian kecil peserta didik berada pada tingkat (2) multistructural, artinya peserta didik sudah mampu memahami soal, namun terdapat enam peserta didik kurang tepat dalam menggunakan strategi dan atau dalam menghitung jawaban akhir. Sisanya terdapat dua peserta didik berada pada tingkat (1) unistructural, artinya peserta didik hanya menuliskan informasi terkait soal, namun tidak menuliskan strategi atau langkah yang digunakan untuk menyelesaikan soal tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Taksonomi Solo; Strategi pembelajaran; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 26 Jun 2015 06:37 |
Last Modified: | 29 May 2021 03:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4190 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year