Studi komparasi hasil belajar materi kubus dan balok menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash dengan alat peraga karya Mahasiswa tadris matematika IAIN Walisongo peserta didik kelas VIII MTs I’anatuth Tholibin Margoyoso Pati tahun pelajaran 2013/2014
Munir, Misbahul (2014) Studi komparasi hasil belajar materi kubus dan balok menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash dengan alat peraga karya Mahasiswa tadris matematika IAIN Walisongo peserta didik kelas VIII MTs I’anatuth Tholibin Margoyoso Pati tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
103511017_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (350kB) | Preview
103511017_bab1.pdf - Accepted Version
Download (166kB) | Preview
103511017_bab2.pdf - Accepted Version
Download (377kB) | Preview
103511017_bab3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103511017_bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103511017_bab5.pdf - Accepted Version
Download (880kB) | Preview
103511017_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya perbedaan hasil belajar materi kubus dan balok antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs I’anatuth Tholibin Margoyoso Pati. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs I’anatuth Tholibin Margoyoso Pati Semester Genap tahun pelajaran 2013/2014, yang terdiri kelas VIII-A dengan jumlah peserta didik 24 anak, kelas VIII-B dengan jumlah peserta didik 21 anak , kelas VIII-C dengan jumlah peserta didik 28 anak, dan kelas VIII-D dengan jumlah peserta didik 32 anak. Jadi jumlah total populasi 105 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen I (model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash) dari kelas VIII-D sebanyak 32 peserta didik dan kelompok eksperimen II (model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok) dari kelas VIII-C sebanyak 28 peserta didik. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 60 peserta didik diperoleh dengan cara cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data-data peserta didik termasuk nilai ulangan harian materi garis singgung lingkaran yang digunakan untuk uji normalitas awal dan uji homogenitas awal. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data post-test pada materi kubus dan balok. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dengan analisis uji-t yaitu independent sample t-test.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar pada materi kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash adalah sebesar 60,25, sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok adalah sebesar 64,79. Dari uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan sebesar -1,258. Setelah dikonsultasikan dengan dengan dan taraf signifikan (α) 5% = 2.002, diketahui bahwa < , maka dapat disimpulkan hasil belajar antara kelas eksperimen I (menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash) dengan kelas eksperimen II (menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok) tidak berbeda secara signifikan. Selain itu rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash lebih kecil dibanding rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Hasil belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 26 Jun 2015 06:41 |
Last Modified: | 29 May 2021 03:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year