Upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linier dua variabel peserta didik kelas VIII B semester gasal MTs NU Nurul Huda Mangkang tahun pelajaran 2009/2010
Awwal, Ahmad Makyy Nurul (2009) Upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linier dua variabel peserta didik kelas VIII B semester gasal MTs NU Nurul Huda Mangkang tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105131 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (64kB) | Preview
3105131 _ Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
3105131 _ Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (157kB) | Preview
3105131 _ Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (61kB) | Preview
3105131 _ Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
3105131 _ Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
3105131 _ Bibliographi.pdf - Bibliography
Download (21kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerepan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV. 2) Melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini sangat sesuai dengan adanya perubahan kurikulum saat ini, yaitu KTSP yang dilandasi oleh kompetensi dan pembelajaran kontekstual. Banyaknya materi soal cerita pada matematika baik itu ditingkat SMP maupun SMA, perlu adanya model yang sesuai dalam meyelesaikan soal cerita. Bukan hanya itu dengan berlakunya KTSP dituntut peserta didik untuk lebih aktif. Adanya hal seperti itu Salah satu solusinya dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Penerapan model tersebut agar mampu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar dan mencapai kompetensi materi sistem persamaan linier dua variabel.
Pelaksanaan penelitian dibagi dalam tiga siklus yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik diperoleh dari 2 tahun yang lalu. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklus akan diukur keaktifan, hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar pada pra siklus adalah 58.58 dan 56.25%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 35.2%. Setelah dilakukan siklus I rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan adalah 69.4 dan 65.85%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 67.14%. Pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar adalah 79.02 dan 87.8%, sedangkan presentase keaktifan peserta didik adalah 85.67%.
Dari hasil tersebut disimpulkan dengan penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik MTs NU Nurul Huda kelas VIIIB semester gasal tahun pelajaran 2009/2010 pada pokok bahasan SPLDV untuk penyelesaian soal cerita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif Pendidikan matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 06 Jun 2015 07:33 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 07:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4226 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year