Implementasi model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok statistika semester gasal kelas XI IPA-A MA Tajul Ulum tahun pelajaran 2009/2010

Muniroh, Faridatul (2009) Implementasi model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok statistika semester gasal kelas XI IPA-A MA Tajul Ulum tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_03105202_Faridatul_Muniroh]
Preview
Text (SKRIPSI_03105202_Faridatul_Muniroh)
3105202 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 3105202  _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105202 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 3105202  _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105202 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 3105202  _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105202 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 3105202  _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105202 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3105202  _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105202 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 3105202  _ Bibliographi.pdf]
Preview
Text
3105202 _ Bibliographi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA A Majul Ulum pada materi pokok statistika.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) pada peserta didik kelas XI IPA A MA Tajul Ulum. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran dan observasi secara langsung di kelas XI IPA A dapat diketahui bahwa metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artimya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan aktivitas pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 65. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yaitu kelas XI IPA A yang jumlahnya ada 37 peserta didik.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, peserta didik yang tergolong aktif baru mencapai 50% dan rata-rata hasil belajar 64,14 dengan ketuntasan klasikal 61%. Pada siklus I, setelah dilaksanakan tindakan, aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadi 67% dan rata-rata hasil belajar 76,31 dengan ketuntasan klasikal 64%. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus II aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat dipersentasekan menjadi 89% dengan rata-rata hasil belajar adalah 77,77 dan ketuntasan klasikal mencapai 89%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan sebelumnya.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan implementasi model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Team Assisted Individualization; Hasil Belajar; Statistika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:50
Last Modified: 03 Jul 2021 03:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4237

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics