Analisis kemampuan psikomotor siswa dalam kegiatan praktikum uji makanan kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Pemalang tahun pelajaran 2011/2012
Apriani, Aida (2012) Analisis kemampuan psikomotor siswa dalam kegiatan praktikum uji makanan kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Pemalang tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083811002_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (589kB) | Preview
083811002_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (65kB) | Preview
083811002_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (178kB) | Preview
083811002_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
083811002_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (82kB) | Preview
083811002_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
083811002_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (23kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang kemampuan psikomotor siswa dalam kegiatan praktikum. Kajian ini dilatarbelakangi oleh guru Biologi yang pada umumnya lebih sering melakukan penilaian dari aspek kognitif dalam menilai hasil proses belajar dan hasil praktikum. Sedangkan, dalam pasal 25 (4) Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menjelaskan bahwa kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hal ini memberikan arti bahwa penilaian psikomotor dalam mata pelajaran Biologi perlu dilakukan, terutama dalam menilai hasil praktikum. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan Bagaimana kemampuan psikomotor siswa dalam kegiatan praktikum kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Pemalang tahun pelajaran 2011/2012?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa (1) observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kinerja siswa saat melakukan praktikum, yang dinilai meliputi keterampilan psikomotor siswa sebelum praktikum, pelaksanaan selama percobaan dan akhir kegiatan praktikum (2) angket untuk mengetahui respon siswa terhadap kegiatan praktikum yang telah dilaksanakan, (3) wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang kinerja siswa saat melakukan kegiatan praktikum dan hambatan guru dalam melaksanakan praktikum, (4) dokumentasi, digunakan untuk menambah kelengkapan informasi penelitian. (5) triangulasi, digunakan untuk mengecek kredibitas suatu data tentang kinerja siswa dengan menggabungkan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu teknik observasi, angket dan wawancara.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan psikomotor siswa dalam kegiatan praktikum uji makanan, baik pada tahap persiapan sebelum praktikum, pelaksanaan selama percobaan maupun akhir kegiatan praktikum termasuk dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata dari ketiga aspek tersebut adalah sebesar 80,8% berada pada interval antara 76% - 85%. Kemampuan psikomotor siswa, pada tahap persiapan sebelum praktikum dengan rata-rata sebesar 83,3%, pelaksanaan selama percobaan dengan rata-rata sebesar 78,4% dan kemampuan psikomotor pada akhir kegiatan praktikum dengan rata-rata nilai sebesar 80,9%. Dari hasil wawancara juga menyebutkan bahwa secara umum kinerja siswa selama kegiatan praktikum termasuk kategori baik. Kemudian, dari hasil angket dapat diketahui bahwa dengan melakukan penilaian psikomotor dapat memotivasi siswa bekerja aktif dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan praktikum. Hal tersebut berdasarkan perhitungan angket, bahwa 97,1% dari 35 siswa menjawab termotivasi dengan adanya penilaian psikomotor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Psikomotorik Siswa; Praktikum Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:02 |
Last Modified: | 22 May 2021 04:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/436 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year