Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan menggunakan model cooperative learning tipe TGT berbantu media kartu di kelas VII MTs Nurul Huda Banyuputih tahun pelajaran 2014/2015
Muchofia, Asri (2015) Peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan menggunakan model cooperative learning tipe TGT berbantu media kartu di kelas VII MTs Nurul Huda Banyuputih tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
KOMPLIT.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi pembelajaran yang bersifat tradisional juga menjadikan selama ini nilai ketuntasan belajar masih jauh dari ideal, karena di lihat dari prestasi belajar nilai ketuntasan belajar matematika dengan KKM 70 tahun pelajaran 2013/2014 pada materi pecahan hanya berkisar 50% dari seluruh jumlah siswa kelas VII MTs Nurul Huda Banyuputih yang tuntas, seharusnya KKM yang diperoleh oleh siswa adalah 70% - 80%, salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah menghadirkan pembelajaran aktif pada setiap proses pembelajaran yang dilakukan adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament).
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penerapan model cooperative learning tipe TGT berbantu media kartu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas VII MTs Nurul Huda Banyuputih Tahun Pelajaran 2014/2015?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan model cooperative learning tipe TGT berbantu media kartu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas VII MTs Nurul Huda Banyuputih Tahun Pelajaran 2014/2015 hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa setiap siklusnya dimana pada siklus I ada 27 peserta didik atau 68% dengan rata – rata 69.75 mengalami kenaikan siklus I yaitu sebanyak 36 peserta didik atau 90% dengan nilai rata – rata 77.75 hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu Ketuntasan klasikal di atas 80% dengan nilai rata – rata 70.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning; Model Pembelajaran; Matematika; Media pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 Oct 2015 03:26 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4510 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year