Pengaruh Marketing Syariah dan Etika Pelayanan terhadap Kepuasan Pemegang Polis (Studi pada AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syariah Semarang)

Nazmudin, Nazmudin (2012) Pengaruh Marketing Syariah dan Etika Pelayanan terhadap Kepuasan Pemegang Polis (Studi pada AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syariah Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 072411049_Coverdll.pdf]
Preview
Text
072411049_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (745kB) | Preview
[thumbnail of 072411049_Bab1.pdf]
Preview
Text
072411049_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 072411049_Bab2.pdf]
Preview
Text
072411049_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 072411049_Bab3.pdf]
Preview
Text
072411049_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 072411049_Bab4.pdf]
Preview
Text
072411049_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of 072411049_Bab5.pdf]
Preview
Text
072411049_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 072411049_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
072411049_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Perkembangan asuransi syari'ah yang pesat belum diimbangi dengan peningkatan market share, meskipun sulit dicapai namun tidak bisa dibantah bahwa perkembangan asuransi syari'ah akan terus melaju. Oleh karena itu untuk berbenah, asuransi syari'ah harus melakukan berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan market share yaitu dengan meningkatkan kinerja pelayanan yang benar dan etika pelayanan agar membentuk kepuasan pemegang polis.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh marketing syari’ah, pada AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syari’ah Semarang (2) Untuk mengetahui pengaruh etika pelayanan pada AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syari’ah Semarang (3) Untuk mengetahui pengaruh marketing syari’ah dan etika pelayanan terhadap kepuasan pemegang polis pada AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syari’ah semarang.
Metodologi yang digunakan adalah : Pertama, penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Kedua, objek penelitian adalah pengaruh marketing syari’ah,etika pelayanan, dan kepuasan pemegang polis. Adapun subjek penelitian adalah pemegang polis AJB Bumi Putra 1912 Cabang syari’ah Semarang, sebagai unit yang dianalisis. Sampel penelitian sebanyak 100 pemegang polis dengan menggunakan teknik random sampling. Ketiga, untuk menganalisis dapat digunakan alat analisis antara lain: untuk marketing syari’ah, etika pelayanan dan kepuasan pemegang polis AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syari’ah Semarang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menguji pengaruh marketing syari’ah, etika pelayanan, dan kepuasan pemegang polis digunakan analisis multiple regression. Keempat, Berdasarkan analisis deskriptif prosentase variabel marketing syari’ah termasuk kriteria benar, sedangkan variabel etika pelayanan termasuk kriteria ramah (baik) dalam melayani pemegang polis, dan variabel kepuasan pemegang polis termasuk kriteria puas dengan pelayanan yang diberikan.
Berdasarkan hasil uji t secara parsial bahwa kedua variabel (X1 dan X2) mempunyai p value (Sig.) sebesar 0,000.probabilitasnya lebih kecil dari tingkat signifikansi (α) 5% yang berarti secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan marketing syari’ah dan etika pelayanan terhadap kepuasan pemegang polis.
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa koefisien determinasi yang dinotasikan dengan R2 besarnya 0,559 ini berarti variabel kepuasan pemegang polis yang dapat dijelaskan oleh variabel marketing syariah (X1), dan etika pelayanan (X2) yang diturunkan dalam model sebesar 55,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing Syariah; Etika Pelayanan; Kepuasan Pemegang Polis
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:27
Last Modified: 04 Dec 2013 04:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/454

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics