Pengaruh Marketing Syariah dan Etika Pelayanan terhadap Kepuasan Pemegang Polis (Studi pada AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syariah Semarang)
Nazmudin, Nazmudin (2012) Pengaruh Marketing Syariah dan Etika Pelayanan terhadap Kepuasan Pemegang Polis (Studi pada AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syariah Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
072411049_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (745kB) | Preview
072411049_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
072411049_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (295kB) | Preview
072411049_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
072411049_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (612kB) | Preview
072411049_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
072411049_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Perkembangan asuransi syari'ah yang pesat belum diimbangi dengan peningkatan market share, meskipun sulit dicapai namun tidak bisa dibantah bahwa perkembangan asuransi syari'ah akan terus melaju. Oleh karena itu untuk berbenah, asuransi syari'ah harus melakukan berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan market share yaitu dengan meningkatkan kinerja pelayanan yang benar dan etika pelayanan agar membentuk kepuasan pemegang polis.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh marketing syari’ah, pada AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syari’ah Semarang (2) Untuk mengetahui pengaruh etika pelayanan pada AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syari’ah Semarang (3) Untuk mengetahui pengaruh marketing syari’ah dan etika pelayanan terhadap kepuasan pemegang polis pada AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syari’ah semarang.
Metodologi yang digunakan adalah : Pertama, penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Kedua, objek penelitian adalah pengaruh marketing syari’ah,etika pelayanan, dan kepuasan pemegang polis. Adapun subjek penelitian adalah pemegang polis AJB Bumi Putra 1912 Cabang syari’ah Semarang, sebagai unit yang dianalisis. Sampel penelitian sebanyak 100 pemegang polis dengan menggunakan teknik random sampling. Ketiga, untuk menganalisis dapat digunakan alat analisis antara lain: untuk marketing syari’ah, etika pelayanan dan kepuasan pemegang polis AJB Bumi Putra 1912 Cabang Syari’ah Semarang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menguji pengaruh marketing syari’ah, etika pelayanan, dan kepuasan pemegang polis digunakan analisis multiple regression. Keempat, Berdasarkan analisis deskriptif prosentase variabel marketing syari’ah termasuk kriteria benar, sedangkan variabel etika pelayanan termasuk kriteria ramah (baik) dalam melayani pemegang polis, dan variabel kepuasan pemegang polis termasuk kriteria puas dengan pelayanan yang diberikan.
Berdasarkan hasil uji t secara parsial bahwa kedua variabel (X1 dan X2) mempunyai p value (Sig.) sebesar 0,000.probabilitasnya lebih kecil dari tingkat signifikansi (α) 5% yang berarti secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan marketing syari’ah dan etika pelayanan terhadap kepuasan pemegang polis.
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa koefisien determinasi yang dinotasikan dengan R2 besarnya 0,559 ini berarti variabel kepuasan pemegang polis yang dapat dijelaskan oleh variabel marketing syariah (X1), dan etika pelayanan (X2) yang diturunkan dalam model sebesar 55,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Syariah; Etika Pelayanan; Kepuasan Pemegang Polis |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Muhammad Qomarudin |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:27 |
Last Modified: | 04 Dec 2013 04:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/454 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year