Peningkatan hasil belajar dengan pendekatan jelajah alam sekitar pada materi keanekaragaman hayati di MTs Miftahul Huda Sarang Rembang kelas VII semester genap

Azhar, Khoirul (2015) Peningkatan hasil belajar dengan pendekatan jelajah alam sekitar pada materi keanekaragaman hayati di MTs Miftahul Huda Sarang Rembang kelas VII semester genap. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113811059.pdf]
Preview
Text
113811059.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini membahas tentang Peningkatan Hasil belajar IPA pada materi keanekaragamn hayati dengan Pendekatan”JAS” (Jelajah Alam Sekitar) kelas VII semester II di MTs. Miftahul Huda Desa Lodan Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Kajiannya di latar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah. oleh sebab itu penulis melakukan penelitian dengan judul Peningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Keanekaragaman Hayati di MTs Miftahul Huda Sarang Rembang Kelas VII Semester Genap.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di MTs Miftahul Huda Sarang Rembang Kelas VII Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2014 / 2015 pada Siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Lodan Sarang Rembang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, untuk memperoleh data masing – masing siklus melalui tahapan yaitu : Plaining, Action, Observation dan Reflection. Data penelitian berupa nilai evaluasi pembelajaran IPA. Kemudian dianalisis dengan analisis ketuntasan hasil belajar.
Hasil Survei pra siklus, siklus I dan siklus II menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 78,30% menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan hasil belajar IPA materi Keanekaragaman Hayati berdasarkan presentasi nilai yang mencapai KKM pada kondisi awal hanya 17,39%, pada siklus I meningkat menjadi 78,30% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dan hasil peningkatan rata-rata kelas dari kondisi awal 58,82 pada siklus I meningkat menjadi 72,30 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,70.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Keanekaragaman hayati; Jelajah Alam Sekitar; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 02 Nov 2015 06:31
Last Modified: 20 May 2021 04:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4554

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics