Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui kombinasi model pembelajaran berbalik (reciprocal teaching) dan numbered heads together (NHT) pada materi pokok teorema pythagoras kelas VIII semester gasal SMP NU 03 Islam Kaliwungu tahun pelajaran 2009/2010

Yulianti, Yulianti (2009) Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui kombinasi model pembelajaran berbalik (reciprocal teaching) dan numbered heads together (NHT) pada materi pokok teorema pythagoras kelas VIII semester gasal SMP NU 03 Islam Kaliwungu tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_053511373_Yulianti]
Preview
Text (SKRIPSI_053511373_Yulianti)
3105373.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (525kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan memilih model pembelajaran sesuai dengan karakteristik materi teorema Pythagoras. Sebab selama 3 tahun terahir rata-rata nilai ketuntasan klasikal masih 6,1 dibawah KKM. Dari masalah tersebut, peneliti menawarkan solusi dengan menerapkan Kombinasi Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) dan Numbered Heads Together (NHT) dapatkah meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas VIII SMP NU 03 Islam Kaliwungu materi pokok Teorema Pythagoras?
Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIIA semester 1 SMP NU 03 Islam Kaliwungu tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 40 peserta didik dan guru. Indikator keberhasilan adalah jika peserta didik memperoleh nilai minimal 65 dari rentang nilai ideal 100 atau minimal telah menyerap materi 65%, untuk ketuntasan klasikal adalah 70% dan peserta didik dikatakan berhasil untuk aktivitas secara individu jika memperoleh nilai minimal 70% dari rentang nilai ideal 100%.
Pada siklus I hasil belajar peserta didik untuk rata-rata nilai kelas 6,975 serta dari 40 peserta didik yang tuntas belajar 30 peserta didik (ketuntasan belajar 75%) dan keaktifan pesera didik dalam kegiatan pembelajaran 77,5% serta melalui angket banyak pesera didik yang merasa termotivasi dengan kegiatan pembelajaran. Hasil pembelajaran siklus II, rata-rata evaluasi kelas 7,594 dengan ketuntasan belajar 90% (terdapat 36 dari 40 peserta didik yang tuntas belajar) serta keaktifan peserta didik dalam pembelajaran adalah 85%. Hasil penelitian ini telah terpenuhi dari ketuntasan belajar secara klasikal adalah 70% telah terpenuhi yaitu sebesar 82,5%. Aktivitas peserta didik pada indikator sebesar 70% terpenuhi yaitu pada siklus 1 yaitu 75% dan pada siklus II adalah 88,5%, sehingga rata-rata keaktifan kelompok adalah 81,75%. Rata-rata hasil belajar tahun lalu 6,1 dan dalam penelitian adalah 7,45 sehingga terdapat peningkatan hasil belajar. Hipotesis tindakan dan indikator kinerja telah tercapai sehingga tidak perlu dilaksanakan siklus selanjutnya.
Berdasarkan penelitian siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa dengan Kombinasi Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) dan Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas VIII SMP NU 03 Islam Kaliwungu materi pokok Teorema Pythagoras tahun pelajaran 2009/2010. Dengan demikian peneliti menyarankan untuk menggunakan kombinasi model Reciprocal Teaching dan Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran terutama pada materi pokok Teorema Pythagoras sebagai alternative untuk meningkatkan hasil belajar, kerjasama serta keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran berbalik; Reciprocal teaching; Numbered Heads Together (NHT); Teorema Pythagoras
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:26
Last Modified: 03 Jul 2021 03:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4581

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics