Efektivitas model pembelajaran keliling kelompok melalui media simbol Pancasila dalam subtema aku dan cita-citaku tematik pada siswa kelas IV MI Ianatul Mubtadi’in Wringinjajar Kec. Mranggen

Munif, Ahmad (2015) Efektivitas model pembelajaran keliling kelompok melalui media simbol Pancasila dalam subtema aku dan cita-citaku tematik pada siswa kelas IV MI Ianatul Mubtadi’in Wringinjajar Kec. Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113911126.pdf]
Preview
Text
113911126.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi dan guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa pasif karena kurang tertarik dalam pembelajaran dan berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Maka penulis akan melakukan penelitian efektivitas model pembelajaran keliling kelompok melalui media simbol Pancasila dalam pembelajaran keliling kelompok melalui media simbol Pancasila dalam subtema Aku dan cita-citaku tematik pada siswa kelas IV MI Ianatul Mubtadi’in Wringinjajar Mranggen.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV MI Ianatul Mubtadi’in Wringinjajar Mranggen dengan jumlah 115 siswa. Sampel yang di ambil adalah 35 siswa dengan menggunakan tehnik non probality sampling dengan jenis samling purposive. Data dalam penelitian ini diperoleh intrumen penelitian berupa tes. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest desaign.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan model pembelajaran keliling kelompok melalui media simbol Pancasila, menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan dari model keliling kelompok melalui media simbol Pancasila terhadap pembelajaran tema Cita-citaku subtema Aku dan Cita-citaku. Hasil analisis uji t (satu pihak) didapat t hitung = 3,819 dengan t tabel = 1,692. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model keliling kelompok melalui media simbol Pancasila efektif digunakan dalam pembelajaran tema Cita-citaku subtema Aku dan Cita-citaku.
Saran yang dapat di sampaikan penulis adalah pembelajaran model keliling kelompok melalui media simbol Pancasila sebaiknya dijadikan referensi model pembelajaran guru dalam upaya menciptakan pembelajaran tematik terintegrasi yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Selain itu, model kelilng kelompok melalui media simbol Pancasila perlu terus dikembangkan pada tema yang lain sesuai dengan kebutuhan materi yang ada agar siswa merasa nyaman dan senang pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajarn kelompok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2015 08:57
Last Modified: 11 Dec 2021 03:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics