Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas II mata pelajaran Matematika materi pengukuran melalui metode the power of two and four di MI Sabilul Muttaqin Trimulyo Guntur Demak tahun pelajaran 2014/2015

Paozi, Paozi (2014) Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas II mata pelajaran Matematika materi pengukuran melalui metode the power of two and four di MI Sabilul Muttaqin Trimulyo Guntur Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133911203.pdf]
Preview
Text
133911203.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran pada mata pelajaran matematika materi pengukuran waktu. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas II MI Sabilul Muttaqin Trimulyo Demak.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi dan tes. Prosedur kerja dalam penelitian ini adalah merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus. Dimana tiap–tiap siklus melalui tahapan – tahapan yang harus ditempuh yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Kriteria ketuntasan adalah sebesar 70 dimana hasil belajar peserta didik dikatakan tuntas apabila memenuhi kriteria tersebut. Hasil penelitian pada tahap pra siklus rata-rata sebesar 59,58 dengan persentase 54,17 % Ini berarti kurang memenuhi kriteria. Pada siklus I memperoleh rata–rata sebesar 76,67, dengan persentase 83,33 %. Pada siklus I ini sudah memenuhi KKM tetapi kenyataan yang ada masih ada beberapa peserta didik yang masih belum tuntas sehingga perlu diadakannya siklus berikutnya. Pada siklus yang ke II adalah memperoleh nilai rata – rata sebesar 90 dengan persentase 91,67%. Artinya penelitian pada tahap ini sudah cukup sempurna karena peserta didik sudah memenuhi KKM semua.
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan inovasi bagi civitas akademik, para mahasiswa dan para pendidik agar dapat meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran the power of two and four.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Yulia Romadiastri, S. Si., M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Matematika; Metode pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 00:11
Last Modified: 27 Nov 2015 00:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4623

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics