Penggunaan model pembelajaran Treffinger untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi optika geometris kelas X MAN Blora tahun pelajaran 2014/2015

Fatimah, Nurul (2015) Penggunaan model pembelajaran Treffinger untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi optika geometris kelas X MAN Blora tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 113611030.pdf]
Preview
Text
113611030.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran treffinger merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model treffinger terdiri dari tiga langkah, yaitu understanding challenge, generating ideas, dan preparing for action. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran treffinger dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi optika geometris pada kelas X MAN Blora.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Bentuk desain yang digunakan adalah quasi experimental, sehingga dalam penentuan sampel peneliti menggunakan kelompok yang telah terbentuk. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN Blora tahun pelajaran 2014/2015 dengan melibatkan sampel sebanyak 72 peserta didik. Teknik pengumpulan data digunakan berupa dokumentasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk uji homogenitas dan uji normalitas sampel, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,921 dan ttabel = 1,671 dengan taraf signifikan α = 5% dan dk = 35 + 35 - 2 = 68, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran treffinger dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi optika geometris kelas X MAN Negeri Blora tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Treffinger; Hasil belajar kognitif; Optika geometris
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2015 08:40
Last Modified: 03 Jul 2021 07:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4627

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics