Penerapan authentic assessment pada materi Hukum Ohm siswa kelas IX MTs Al Islam Limpung Batang tahun 2014-2015

Makmuri, Makmuri (2015) Penerapan authentic assessment pada materi Hukum Ohm siswa kelas IX MTs Al Islam Limpung Batang tahun 2014-2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113611066.pdf]
Preview
Text
113611066.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas penerapan authentic assessment dalam pembelajaran IPA. Kajian dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya guru dalam menerapkan berbagai model penilaian yang merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengembangkan sistem penilaian otentik dalam pembelajaran IPA serta menguji efektivitasnya secara empirik melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian dirancang dalam 3 siklus. Penelitian dilaksanakan di kelas IX.A MTs Al Islam Limpung Kabupaten Batang, dengan melibatkan 24 siswa dalam kelas sampel dari populasi 120 siswa. Sistem authentic assessment yang dilaksanakan diimplementasikan dalam tiga model pembelajaran yaitu pembelajaran didalam kelas, percobaan di laboratorium dan penugasan. Penilaian difokuskan pada penilaian aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran (performent assessment), portofolio dan produk serta hasil ulangan akhir siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, dan penilaian laporan individu. tes hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem authentic assessment dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa yaitu siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar dan hasil rata-rata tes akhir siswa pada akhir siklus III adalah: 79 dengan ketuntasan klasikal sebesar 83 %. Respon siswa terhadap sistem authentic assessment yang dikembangkan dalam pembelajaran IPA sangat positif. Disarankan kepada guru-guru IPA agar selalu mengembangkan dan menerapkan penilaian otentik ini dalam kegiatan belajar mengajar melalui berbagai model pembelajaran inovatif seperti inkuiri terbimbing, pembelajaran berbasis masalah, serta model pembelajaran inovatif lainnya.
Keywords : authentic assessment, penilaian otentik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing:Joko Budi Poernomo, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; hukum Ohm; IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 27 Nov 2015 04:29
Last Modified: 27 Nov 2015 04:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4629

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics