Implikasi pelaksanaan supervisi guru dalam peningkatan profesionalisme guru (studi analisis di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tingkat satuan MA)

Widodo, Moh Asep (2014) Implikasi pelaksanaan supervisi guru dalam peningkatan profesionalisme guru (studi analisis di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tingkat satuan MA). Undergraduate (S1) thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of 093111070.pdf]
Preview
Text
093111070.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pelaksanaan supervisi guru dalam peningkatan profesionalisme guru di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tingkat Satuan MA. Objek dalam penelitian adalah guru MA di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan supervisi guru di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tingkat satuan MA ? (2) Bagaimana profesionalisme guru di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tingkat satuan MA ? (3) Bagaimana implikasi pelaksanaan supervisi guru dalam peningkatan profesionalisme guru di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tingkat satuan MA ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Dalam menganalisis data dan menginterpretasikan serta mengolah data yang terkumpul, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. analisis data dilakukan sejak awal dan selama proses penelitian berlangsung, dengan metode pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan supervisi guru di Kecamatan Lasem Tingkat Satuan MA meliputi tiga tahap yaitu; tahap persiapan yang meliputi penyusunan program dan penyiapan instrumen, tahap pelaksanaan yang terdiri dari pelaksanaan secara langsung dan tidak langsung, dan yang terakhir tahap pelaporan meliputi lima bab, yaitu bab I pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, fokus masalah, tujuan dan sasaran, dan ruang lingkup kepengawasan. Bab II berisi kerangka berfikir dan pemecahan masalah. Bab III berisi pendekatan dan metode. Bab IV berisi hasil pengawasan dan bab V berisi penutup yang terdiri dari kesimpulan dan rekomendasi. Pelaksanaan supervisi guru di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tingkat satuan MA belum memberikan implikasi yang sangat signifikan bagi peningkatan profesionalisme guru di sana. Hal ini disebabkan oleh faktor peran kepemimpinan supervisor baik itu dari Kemenag maupun pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah yang kurang kreatif dalam membuat program-program supervisi yang efisien dan inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Jasuri, M. Si.; H. Mursid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Supervisi guru; Profesionalisme guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Nov 2015 03:43
Last Modified: 07 Nov 2015 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4658

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics