Pembelajaran Al-Qur’an pada peserta didik tunanetra di SMPLB Negeri Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Umama, Nelly (2015) Pembelajaran Al-Qur’an pada peserta didik tunanetra di SMPLB Negeri Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111075.pdf]
Preview
Text
113111075.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembelajaran al-Qur’an pada peserta didik tunanetra di SMPLB Negeri Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Kajiannya dilatarbelakangi oleh perbedaan dalam proses pembelajaran al-Qur’an yang diterapkan pada peserta didik tunenetra dengan sekolah pada umumnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pembelajaran al-Qur’an pada peserta didik tunanetra di SMPLB Negeri Semarang tahun pelajaran 2014/2015? (2) Apa saja hambatan dan usaha pemecahannya dalam pembelajaran al-Qur’an pada peserta didik tunanetra di SMPLB Negeri Semarang tahun pelajaran 2014/2015?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMPLB Negeri Semarang. Lembaga pendidikan tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pembelajaran al-Qur’an pada peserta didik tunanetra. Datanya diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis yaitu dengan mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian atau memusatkan perhatian pada masalah-masalah aktual dalam suatu obyek pada saat penelitian dilaksanakan.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran al-Qur’an pada peserta didik tunanetra di SMPLB Negeri Semarang memiliki kesamaan dengan pembelajaran al-Qur’an peserta didik pada umumnya. Hanya saja ketika pelaksanaanya memerlukan modifikasi. (2) Hambatan yang dialami pendidik dalam pembelajaran al-Qur’an pada peserta didik tunanetra di SMPLB Negeri Semarang muncul dari dalam maupun luar. Hambatan dari dalam, antara lain: keterbatasan fisik peserta didik, klasifikasi ketunaan, motivasi belajar yang tidak stabil, dan perbedaan daya tangkap peserta didik. Hambatan dari luar antara lain: perencanaan pembelajaran yang kurang sesuai, minimnya sumber belajar, kurangnya dorongan dari orangtua, terbatasnya waktu pembelajaran, terbatasannya tenaga pengajar. Dan usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang muncul dari dalam adalah dengan menurunkan KD (Kompetensi Dasar) dan materinya didesain ringan, memiliki kesabaran yang tinggi, mengajak para peserta didik untuk bernyanyi lagu-lagu islami, dan memberi pengarahan atau pendekatan individual pada peserta didik. Sedangkan usaha yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dari luar adalah dengan menurunkan KD (Kompetensi Dasar) pada pelaksanaannya, pendidik lebih memaksimalkan penggunaan pada sumber belajar yang ada, mengadakan sosialisasi kepada orangtua, memberi tugas tambahan di rumah, dan melakukan kerjasama dengan pendidik-pendidik lainnya.
Hasil penelitian ini diharapkan pembelajaran al-Qur’an pada peserta didik tunanetra di SMPLB Negeri Semarang pendidik agama Islam lebih meningkatkan kualitas pembelajaran al-Qur’an, meningkatkan bimbingan atau mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler untuk membimbing peserta didik dalam beribadah dan membaca al-Qur’an dan pendidik agama Islam harus lebih kreatif menggunakan media pembelajaran dalam mengajar materi al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo Supriyono, M.A.; H. Abdul Kholiq, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an; Tunanetra; SMPLB
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Nov 2015 08:51
Last Modified: 23 Nov 2015 08:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4685

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics