Penerapan cooperative learning tipe NHT berbantuan lembar kerja untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi sistem persamaan linear dua variabel peserta didik kelas VIII di MTs Nurul Huda Banyuputih tahun pelajaran 2014/2015

Rokhaniyah, Siti (2015) Penerapan cooperative learning tipe NHT berbantuan lembar kerja untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi sistem persamaan linear dua variabel peserta didik kelas VIII di MTs Nurul Huda Banyuputih tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511116_Siti_Rokhaniyah]
Preview
Text (SKRIPSI_113511116_Siti_Rokhaniyah)
113511116.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi proses pembelajaran matematika kelas VIII di MTs Nurul Huda Banyuputih, menurut pengalaman mengajar peneliti yang selama ini dominan menggunakan metode belajar menghafal, ceramah dan tanya jawab dalam mengajar materi sistem persamaan linear dua variabel siswa menjadi lebih banyak mendengar dan menerima apa yang di berikan guru, siswa juga malu dan tidak berani bertanya kepada guru, sehingga tidak bekerja dengan aktif untuk mencari jawaban dari kesulitan yang mereka hadapi baik secara individual maupun kelompok yang pada akhirnya materi tidak dipahami secara maksimal, pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif akan menghambat kemampuan siswa berpikir kritis dan menghambat ketrampilan siswa dalam pemecahan masalah, salah satu yang dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan pembelajaran menggunakan tipe cooperative learning yang bisa dikembangkan adalah tipe Numbered Head Together (NHT) atau penomoran berpikir bersama
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penerapan cooperative learning tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs Nurul Huda Banyuputih Tahun Pelajaran 2014/2015?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan cooperative learning tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs Nurul Huda Banyuputih Tahun Pelajaran 2014/2015, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada pra siklus dengan KKM 70 siswa yang pra siklus ada 17 siswa atau 47%, naik pada siklus I ada 22 siswa atau 67% dan pada siklus II sudah mencapai 30 siswa atau 91%, Ini menunjukkan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar juga keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) berhasil dan mencapai indikator yang di tentukan yaitu 85%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Matematika; Hasil belajar; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Nov 2015 06:15
Last Modified: 22 May 2021 07:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4709

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics