Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTs NU 09 Gemuh Kabupaten Kendal pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel tahun pelajaran 2014/2015

Idayanti, Wahyu Tri (2015) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTs NU 09 Gemuh Kabupaten Kendal pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511110_Wahyu_Tri_Idayanti]
Preview
Text (SKRIPSI_113511110_Wahyu_Tri_Idayanti)
113511110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (821kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII A yang kurang dari KKM. Hal ini disebabkan karena peserta didik kurang terlihat aktif untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami sehingga kesulitan dalam memahami konsep penyampaian materi tidak diketahui oleh guru, sedangkan peserta didik lebih cenderung senang jika dijelaskan oleh teman sendiri. Dengan penjelasan teman, peserta didik lebih leluasa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: “apakah penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A MTs NU 09 Gemuh Kabupaten Kendal tahun ajaran 2013/2014”. Keberhasilan pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik di setiap siklusnya.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII A MTs NU 09 Gemuh Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 30 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif serta menghitung rata-rata nilai, persentase ketuntasan belajar klasikal peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 3,67 poin. Ketuntasan belajar klasikal peserta didik meningkat sebesar 36,67%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Matematika; Jigsaw
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Nov 2015 06:19
Last Modified: 22 May 2021 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4710

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics