Peningkatan hasil belajar matematika bahasan peluang dengan model Team Assisted Individualization (TAI) peserta didik kelas XI IPA.1 MA Hidayatul Mubtadi’in Bulusari Sayung Demak

Khafid, Khafid (2015) Peningkatan hasil belajar matematika bahasan peluang dengan model Team Assisted Individualization (TAI) peserta didik kelas XI IPA.1 MA Hidayatul Mubtadi’in Bulusari Sayung Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511090_Khafid]
Preview
Text (SKRIPSI_113511090_Khafid)
113511090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah penerapan Team Assisted Individualization (TAI) pada materi pokok peluang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA.1 di MA Hidayatul Mubtadi’in Bulusari Sayung Demak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada peserta didik kelas XI IPA.1 semester ganjil di MA Hidayatul Mubtadi’in Bulusari Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah 27 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, observasi, dan tes evaluasi. Sedangkan indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar yaitu nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan klasikal 75%, keaktifan 70%.
Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam 2 (dua) siklus, setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), Pengamatan(observation), dan refleksi (reflection), dan masing-masing siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan, satu pertemuan diantaranya untuk evaluasi siklus.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada pra siklus keaktifan peserta didik pada siklus I 69,31% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,629%. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata 70,74 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,67% pada siklus I, dan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 71,44 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 77,78%
Dari dua siklus tersebut jelas bahwa ada peningkatan keaktifan peserta didik maupun hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI).
Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan melalui delapan langkah-langkahnya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan peluang kelas XI IPA.1 MA Hidayatul Mubtadi’in Bulusari Sayung Demak Tahun 2014/2015. Keberhasilan penggunaan metode tersebut diharapkan bisa digunakan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang inovatif. Selanjutnya para guru dapat lebih berkreasi dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Matematika; Pembelajaran kooperatif, Team Assisted Individualization
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Nov 2015 06:43
Last Modified: 22 May 2021 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4713

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics