Efektivitas pembelajaran cooperative learning tipe Question Student Have (QSH) dengan pendekatan scientific berbantu media pembelajaran video terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII pada pokok bahasan aritmetika sosial di MTs Al-Muayyad 03 tahun pelajaran 2014/2015

Basiroh, Ulil (2015) Efektivitas pembelajaran cooperative learning tipe Question Student Have (QSH) dengan pendekatan scientific berbantu media pembelajaran video terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII pada pokok bahasan aritmetika sosial di MTs Al-Muayyad 03 tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511029_Ulil_Basiroh]
Preview
Text (SKRIPSI_113511029_Ulil_Basiroh)
113511029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Efektivitas pembelajaran cooperative learning tipe question student have (QSH) dengan pendekatan scientific berbantu media pembelajaran video terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII pada pokok bahasan aritmetika sosial di MTs Al-Muayyad 03 tahun pelajaran 2014/2015
Kajiannya dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami peserta didik di MTs Al-Muayyad 03 dalam materi aritmetika sosial yaitu dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan tersebut diantaranya adalah peserta didik tidak mampu menerjemahkan soal cerita, tidak mampu mengidentifikasi soal cerita, ada juga peserta didik yang tidak tahu bagaimana urutan mengerjakan soal, karena peserta didik tidak mampu menghubungkan soal dengan teori yang ada dengan kehidupan nyata. Ini terlihat dari rata-rata hasil belajar matematika pada materi aritmetika tahun pelajaran 2013/2014 diperoleh 5,5 yang masih dibawah KKM yang telah ditentukan. Selain itu peserta didik juga kurang aktif dalam pembelajaran, dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah pembelajaran cooperative learning tipe question student have (QSH) dengan pendekatan scientific berbantu media pembelajaran video efektif terhadap hasil belajar dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam pencapaian hasil belajar matematika peserta didik kelas VII pada pokok bahasan aritmetika sosial di MTs Al-Muayyad 03 tahun pelajaran 2014/2015. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MTs Al-Muayyad 03. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VII B merupakan kelas eksperimen dan kelas VII A merupakan kelas kontrol. Kelas VII B terdiri dari 25 peserta didik dan kelas VII A terdiri dari 23 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi.
Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik dan nilai hasil ulangan pada materi sebelumnya yang digunakan untuk menghitung normalitas dan homogenitas masing-masing kelas. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran yang diterapkan pembelajaran cooperative learning tipe question student have (QSH) dengan pendekatan scientific berbantu media pembelajaran video dan juga untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji t. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5 % thitung = 2,318 dan ttabel = t(0,95) (46) = 1,679. Karena thitung > ttabel, maka rata-rata hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan pembelajaran cooperative learning tipe question student have (QSH) dengan pendekatan scientific berbantu media pembelajaran video lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 72,20 dan kelompok kontrol = 66,30. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran cooperative learning tipe question student have (QSH) dengan pendekatan scientific berbantu media pembelajaran video efektif terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII pada pokok bahasan aritmetika sosial di MTs Al-Muayyad 03 tahun pelajaran 2014/2015
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran cooperative learning tipe question student have (QSH) dengan pendekatan scientific berbantu media pembelajaran video lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; Metode pembelajaran; Cooperative Learning; Aritmetika; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Nov 2015 09:41
Last Modified: 22 May 2021 06:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4729

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics