Efektivitas penerapan kombinasi Model pembelajaran The Power of Two and Four (PTF) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika materi pokok perbandingan dan skala peserta didik kelas VII SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang tahun pelajaran 2014/2015
Solechah, Solechah (2015) Efektivitas penerapan kombinasi Model pembelajaran The Power of Two and Four (PTF) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika materi pokok perbandingan dan skala peserta didik kelas VII SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
113511064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengkonversi satuan, bingung menentukan jenis perbandingan, terbolak balik dalam penggunaan rumus-rumus perbandingan, salah dalam menggambar tabel dan grafik perbandingan, bingung dalam menerapkan rumus skala. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan kurang memberikan keterlibatan langsung peserta didik dalam proses pembelajaran materi perbandingan dan skala sehingga menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran seperti peserta didik enggan menanggapi soal, peserta didik enggan bertanya kepada peserta didik lain atau guru apabila belum paham materi dan peserta didik enggan mencari informasi materi dari buku lain. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah : apakah penerapan kombinasi model pembelajaran The Power Of Two And Four (PTF) dan Teams Games Tournament (TGT) efektif terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika materi pokok perbandingan dan skala peserta didik kelas VII SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang tahun pelajaran 2014/2015. Efektivitas pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang tahun pelajaran 2014/2015. Peneliti mengambil sampel dari seluruh kelas VII yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A dan kelas VII B. Dari dua kelas tersebut, kelas VII A dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas VII B dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan cara acak.
Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan dua rata-rata yaitu analisis uji t test dengan uji hipotesis menggunakan uji satu pihak antara kelas eksperimen yang menerapkan kombinasi model pembelajaran The Power Of Two And Four (PTF) dan Teams Games Tournament (TGT) dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan rata-rata keaktifan dan hasil belajar matematika pada materi perbandingan dan skala peserta didik kelas VII SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang dengan pembelajaran yang menerapkan kombinasi model pembelajaran The Power Of Two And Four (PTF) dan Teams Games Tournament (TGT) adalah sebesar 59.48 dan 71.09, sedangkan rata-rata keaktifan dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model konvensional adalah sebesar 35.2 dan 50.20. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata keaktifan dan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah dilakukan uji perbedaan dua rata-rata untuk keaktifan belajar dengan menggunakan uji t test dihasilkan t_hitung=11.95 dan t_tabel=1.678. karena t_hitung>t_tabel dengan taraf signifikansi 5% maka H_0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata keaktifan peserta didik kelas kontrol.
Selanjutnya untuk hasil belajar, didapatkan t_hitung=3.588 dan t_tabel=1.678. karena t_hitung>t_tabel dengan taraf signifikansi 5% maka H_0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Selain itu, rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen telah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Dari analisis yang telah dilakukan, diperoleh nilai t hitung = 0,3343 dan -t tabel = -1.72. Karena 〖-t〗_tabel≤ t_hitung dengan dk = n – 1, dan tingkat signifikansi 5% maka H_0 di terima. Hal ini berarti bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik dengan kombinasi model pembelajaran The Power Of Two And Four (PTF) dan Teams Games Tournament (TGT) lebih dari nilai KKM mata pelajaran matematika peserta didik kelas VII materi pokok perbandingan dan skala SMP Darul Ma’arif Banyuputih Batang tahun pelajaran 2014/2015. Artinya pembelajaran kombinasi model pembelajaran The Power Of Two And Four (PTF) dan Teams Games Tournament (TGT) sesuai tujuan pembelajaran yaitu mampu mencapai kompetensi yang diharapkan dengan melebihi KKM. Dari data yang diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran The Power Of Two And Four (PTF) dan Teams Games Tournament (TGT) pada materi perbandingan dan skala efektif terhadap keaktifan dan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pengalaman pendidik untuk dapat menerapkan kombinasi model pembelajaran The Power Of Two And Four (PTF) dan Teams Games Tournament (TGT) pada materi perbandingan dan skala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Matematika; Hasil belajar; keaktifan belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 04:23 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4737 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year