Efektivitas kombinasi model pembelajaran kooperatif think pair share dengan numbered heads together terhadap keaktifan dan hasil belajar pada materi persamaan linear satu variabel peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mirit tahun pelajaran 2014/2015

Rusminati, Sri (2015) Efektivitas kombinasi model pembelajaran kooperatif think pair share dengan numbered heads together terhadap keaktifan dan hasil belajar pada materi persamaan linear satu variabel peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mirit tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_113511073_Sri_Rusminati]
Preview
Text (SKRIPSI_113511073_Sri_Rusminati)
113511073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kombinasi model pembelajaran Think Pair Share dengan Numbered Heads Together terhadap keaktifan dan hasil belajar pada materi persamaan linear satu variabel peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan kurang memahami konsep, sehingga berdampak terhadap hasil belajar yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mirit yang terbagi dalam 8 kelas dengan jumlah peserta didik 249. Sampel diambil secara random menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan kombinasi model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan Numbered Heads Together, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Saat pembelajaran berlangsung, keaktifan peserta didik kelas eksperimen dan kontrol diamati dan setelah materi persamaan linear satu variabel selesai diberi tes akhir (posttest).
Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nama dan nilai UAS gasal. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data keaktifan peserta didik. Metode tes digunakan untuk memperoleh data nilai hasil belajar setelah materi selesai.
Hasil penelitian keaktifan dan hasil belajar peserta didik dianalisis dengan menggunakan uji-t. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada data keaktifan peserta didik diperoleh thitung =5,664 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel, maka H1 diterima, yaitu rata-rata keaktifan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada data hasil belajar diperoleh thitung= 2,84 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel, maka H1 diterima, yaitu hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan Numbered Heads Together lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaraan kooperatif; Think Pair Share; Numbered Heads Together; Persamaan linear
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Dec 2015 08:18
Last Modified: 22 May 2021 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4739

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics