Iklan layanan masyarakat keagamaan di LPP RRI Semarang tahun 2013 (suatu pendekatan semiotik)

Rofiqoh, Aifatur (2015) Iklan layanan masyarakat keagamaan di LPP RRI Semarang tahun 2013 (suatu pendekatan semiotik). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 101211044.pdf]
Preview
Text
101211044.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Iklan layanan masyarakat keagamaan di LPP RRI Semarang merupakan bagian dari media komunikasi yang digunakan sebagai penyampaian pesan kepada masyarakat muslim di kota Semarang. Penelitian yang penulis lakukan berjudul “Iklan Layanan Masyarakat Keagamaan di LPP RRI Semarang Tahun 2013 (Suatu Pendekatan Semiotik)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan iklan layanan masyarakat keagamaan di LPP RRI Semarang tahun 2013, teks dan rekaman sembilan iklan layanan masyarakat keagamaaan dari bulan Januari-Desember 2013 sebagai subjek penelitian.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif, menggunakan pendekatan semiotik oleh Ferdinand de Saussure dengan melakukan analisis penanda (signifier) dan petanda (signified). Penulis juga menggunakanan analisis pesan David K. Berlomodel SMCR. Sumber (Source), pesan (Message), saluran (Channel), dan penerima (Receiver). Data yang dikumpulkan mula-mula disusun, dijelaskan kemudian dianalisis.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa isi pesan dari sembilan Iklan Layanan Masyarakat Keagamaan di LPP RRI Semarang tahun 2013 adalah mendidik masyarakat muslim di kota Semarang dari yang tidak tahu menjadi tahu, didalam pesan ILM keagamaan tersebut mencakup nilai-nilai kemanusiaan, bersumber dari Al-Qur`an dan Hadist, bersifat penyadaran, berdampak positif untuk kepentingan bersama dan diangkat dari permasalahan yang ada di masyarakat, sehingga masyarakat sadar atas kewajiban dan larangan yang harus dilakukan dan yang harus dijauhi.
Kata kunci: Iklan Layananan Masyarakat, LPP RRI, Semiotik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Najahan Musyafak, M.A.; Dr. Hj. Ummul Baroroh, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Iklan layanan masyarakat; RRI Semarang; Semiotik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Dec 2015 08:42
Last Modified: 01 Dec 2015 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4777

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics